Jika Ditahan KPK, Bupati Pamekasan Siap Diberhentikan Sementara

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberhentikan sementara Bupati Pamekasan Achmad Syafiibila resmi ditahan KPK. Achmad sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di Kejari Pamekasan.

Kepala Biro Hukum Kemendagri Widodo Sigit Pudjianto menyatakan, apabila Achmad ditahan dan terdapat dua barang bukti, maka ia akan diberhentikan sementara.

“Dasar untuk bisa memberhentikan sementara Bupati Pamekasan yaitu surat perintah penahanan dari penyidik,” kata Widodo Sigit Pudjianto, Kamis (3/8/2017).

Selain itu, Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono menjelaskan mekanisme dan langkah-langkah pemberhentian sementara kepala daerah yang tersandung kasus hukum.

Pertama, jika Achmad Syafiibila resmi ditahan dan disertai surat perintah penahanannya, maka Kemendagri melalui Gubernur Jawa Timur akan menerbitkan penetapan Wakil Bupati Pamekasan sebagai Pelaksana tugas.

Kedua, Gubernur Jatim menambahkan usulan kepada Kemendagri agar memberhentikan sementara Bupati. “Jika ditahan, melalui Gubernur Jawa Timur akan diterbitkan penetapan Wakil Bupati sebagai pelaksana tugas (Plt) dan pengusulan Gubernur Jatim untuk pemberhentiaan sementara Bupati Pamekasan,” ujar Soni. (riri/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE