Zulfikar Demokrat

Ini Penjelasan Disperindag Kota Tangerang soal Harga Garam Melonjak

0

harga garam melonjak

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Melonjaknya harga garam di Kota Tangerang disebutkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dari hasil pendataan banyak variable atau sejumlah alasan yang menyebabkan kebutuhan dapur tersebut minim di pasaran.

Disperindag menyatakan, bahkan dalam pantauannya tidak ditemukan distributor garam yang melakukan pelanggaran penimbunan.

Namun kelangkaan barang tersebut di pasaran menurut Disperindag Kota Tangerang yang juga berbuntut secara otomatis menyebabkan harganya melonjak sampai dua kali lipat adalah minimnya penyuplai bahan produksi dari luar daerah karena faktor cuaca yang buruk. Sehingga petani garam tidak maksimal menuai panennya.

Habibulloh Sekretaris Disperindag Kota Tangerang mengaku bahwa pihaknya ketika melakukan pendataan stok dan evaluasi harga garam tidak menemukan adanya modus penimbunan dari distributor garam.

“Seharusnya harganya stabil. Karena kami tidak menemukan distributor dan perusahaan tempat produksi yang menimbun, pemiliknya sendiri mengaku bahwa petani garam dalam panennya tidak maksimal,” ujarnya kepada PenaMerdeka.com beberapa waktu lalu.

Sementara Teguh Kasi Bina Pasar dan Distribusi pada Disperindag Kota Tangerang menjelaskan, memang pengakuan dari distributor dan perusahaan pengelola mengklaim bahwa pasokan bahan mentahnya itu dari luar daerah berkurang dari biasanya. Untuk suplainya sendiri dari Madura, Cirebon dan Pati.

“Kalau garam yang dikomsumsi untuk rumah tangga di pasar tersedia. Kelangkaan dan melonjaknya harga garam memang terjadi hampir di seluruh Indonesia bukan hanya di Kota Tangerang saja,” ucapnya menjelaskan.

Ia juga menambahkan, sampai saat ini intruksi dari pimpinan supaya terus melakukan kordinasi dengan Kementrian Perdagangan dan pihak Bulog untuk terus memantau langkah-langkah menanggulangi kelangkaan dan kenaikan harga garam.

“Kami tegaskan kembali bahwa kelangkaan barang tersebut yang menyebabkan menjadi mahal ditenggarai oleh cuaca buruk, artinya mahalnya harga garambukan karena terjadi penimbunan yang dilakukan oleh distributor garam,” tandasnya. (herman)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

commodo tristique justo Praesent nec Aenean in