Zulfikar Demokrat

Pilwalkot Serang, Pengamat : Nyali Ranta Diuji Berani Lepas Sekda Banten

0

Pilwalkot Serang 2018

BANTEN,PenaMerdeka- Nama Ranta Soeharta santer diberitakan sebagai calon walikota (Cawalkot) Serang. Sementara sejumlah pengamat menilai jabatan yang dipegang Ranta sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten harus rela dilepas sejak ia menyatakan maju dalam Pilwalkot Serang.

Keberanian untuk melepas jabatan Sekda Banten dinilai sama juga menguji nyali bahwa Ranta serius mempertaruhkan namanya yang sudah masuk dalam bursa Cawalkot Serang beberapa waktu lalu.

Ikhsan Ahmad, pengamat politik asal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengatakan, sejatinya Gubernur Banten Wahidin Halim juga perlu bersikap tegas terhadap Sekda Banten Ranta Soeharta yang mengikuti pencalonan di Pilwalkot Serang 2018.

Menurutnya, persoalan ini sebelumnya pernah terjadi seperti yang sudah dilakukan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan. Ahmad Heryawan alias Aher mengirimkan surat usulan pemberhentian Sekda Jabar Iwa Kartiwa kepada Presiden Jokowi untuk menjaga kode etik ASN, karena nama Iwa Kartiwa disebut-sebut akan mencalonkan diri pada Pilgub Jabar 2018.

Ia kembali mengatakan, dalam politik, yang perlu dicatat bukan hanya persoalan legalitas formal, tapi ada yang lebih fundamental, yakni persoalan moral.

“Dalam konteks moral, politik bukan saja berbicara legalitas formal hak dan kewajiban. Artinya pencalonan diri Sekda Banten di Pilwalkot Serang mestinya harus dikaitkan dengan upaya menunjukkan kedewasaan dan pendidikan politik yang matang bagi kalangan birokrasi dan masyarakat yang selama ini menganggap birokrasi tidak pernah netral secara substansial dan selalu menjadi masalah dgn keberpihakannya,” kata Ikhsan, Sabtu (5/8/2017).

Seharusnya kata dia menegaskan, bahwa Sekda Banten Ranta harus legowo dari awal untuk melepaskan jabatannya dan konsentrasi kalau keinginan politiknya tetap sebagai Cawalkot Serang.

“Harus itu (diusulkan diberhentikan-red) untuk pendidikan politik,” terang Ikhsan.

Diketahui, Sekda Banten Ranta Soeharta sudah secara terbuka mencalonkan diri di Pilwalkot Serang. Bahkan Ranta sudah mendaftar penjaringan bakal calon ke beberapa partai politik, serta melakukan sosialiasi pencalonan sebagai Cawalkot melalui media sosial, spanduk, banner pohon dan alat peraga kampanye lainnya. (wahyudi)

 

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

massa Praesent Aliquam nec id dolor consequat.