kanal partai gerindra

Cegah Serangan Jantung, PPIH Arab Saudi Kerahkan Dokter dan Perawat ke Masjid Nabawi

0

Serangan Jantung di cegah

MADINAH,PenaMerdeka – Serangan jantung mulai menyebar. Agar dapat memberikan pertolongan dengan cepat, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menempatkan Tim Promotif dan Preventif serta Tim Gerak Cepat ke sejumlah pos di Masjid Nabawi.

Penempatan kedua tim tersebut agar bersinergi dengan petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) dan Sektor Khusus (Seksus). Jumlah jamaah haji Indonesia di Madinah hingga kini mencapai 53.000 jamaah sudah berada di Kota Nabi.

Saat Shalat lima waktu di Masjid Nabawi mulai padat dan jumlah jamaah yang lupa jalan pulang atau dimensia juga bertambah.

Menyikapi hal seperti ini, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Eka Jusuf Singka meminta TPP dan TGC bersinergi dengan petugas Sektor Khusus Masjid Nabawi untuk membantu jamaah haji yang mengalami dimensia dan juga cegah penyakit jantung pada jamaah.

“Khusus Tim TPP dan TGC yang bertugas pada lingkungan Masjid Nabawi agar selalu memberi perhatian kepada jamaah yang sering lupa, akibat dimensia ini, terutama setelah salat zuhur dan isya,” tutur Eka di Madinah.

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi, Etik Retno Wiyati juga menjelaskan, keberadaanTPP dan TGC sangat diperlukan untuk memberikan pertolongan pertama saat dibutuhkan.

Jika terdapat permasalahan pada kesehatan, TGC segera melakukan penanganan medis dan selanjutnya dinilai. Apakah dikembalikan ke kloter atau perlu penanganan lanjut dirujuk KKHI atau RSAS.

“Jika harus memerlukan rujukan, TGC siap menggerakkan ambulans terdekat untuk menjemput jamaah dan merujuk sesuai kondisi medisnya. Apakah RSAS atau KKHI, dan tim ini pun siap cegah serangan jantung dan dimensia,” kata Etik. (hisyam/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

leo. suscipit massa venenatis, nunc luctus dapibus odio quis, nec non