HUT RI 76

Inggris Bakal Kirim Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

MATERA,PenaMerdeka – Inggris berencana memberikan kontribusi vaksin covid-19 untuk Indonesia. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri Inggris pada sela-sela pertemuan G20 di Italia.

“Menlu Dominic Raab menyampaikan konfirmasi rencana Inggris untuk memberikan kontribusi vaksin kepada Indonesia,” ucap Menlu Retno Marsudi, dalam jumpa pers virtual, Selasa, 29 Juni 2021.

Retno mengatakan, jumlah dan waktu pengiriman vaksin dari the black countrye tesebut masih akan dibahas lebih lanjut.

“Konfirmasi pemberian vaksin dari Inggris ini merupakankelanjutan dari komunikasi intensif yang dilakukan oleh dua Menlu dalam beberapa kali, termasuk komunikasi kami pada 10 Juni 2021,” seru Retno.

Ia menambahkan, bersama Menlu Raab membahas mengenai komitmen Inggris untuk lebih mengintensifkan hubungan dengan ASEAN. Selain itu, keduanya juga membahas persiapan pelaksanaan COP26 di mana Inggris adalah tuan rumahnya.

“Indonesia menekankan bahwa komitmen-komitmen yang telah diberikan sesuai Paris Agreement penting untuk diimplementasikan, termasuk ketersediaan adaptation fund,” imbuhnya.

Pertemuan G20 di Italia pertama kali dilakukan secara fisik sejak pandemi dimulai. Retno mengatakan, pertemuan tersebut digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. (uki)

Disarankan
Click To Comments