Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Anak Baduy Luar Nimbrung di One Day For Children Tingkat Nasional

JAKARTA,PenaMerdeka – Sebanyak 80 anak baduy luar diundang dalam acara one day for children yang dilaksanakan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (20/8).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nurhana, mengatakan, acara yang digelar kemensos ini juga merupakan rangkaian kegiatan hari anak nasional.

Namun kata Kadis, Kemensos melaksanakan acara ini khusus bagi anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Menurutnya anak Baduy luar ini pun merupakan PMKS karena keterpencilan mereka.

Saat Menteri Sosial ke baduy meninjau lokasi bencana kebakaran ia tertarik dan terharu dengan  anak baduy. Maka itu Ibu Menteri mengundang mereka secara resmi.

“Ke 80 anak ini selain menikmati perjalanan ke TMII dan menikmati wahana permainan juga diberikan bantuan berupa Tabungan Sosial Anak (TASA) sebesar Rp 900 ribu/anak dari Kementerian Sosial RI melalui Bank Negara Indonesia (BNI),” ujar Nurhana.

Seperti diketahui pada acara One Day for Children ini anak-anak Baduy luar selain diundang secara khusus mereka juga unjuk keterampilan menampilkan kesenian angklung buhun khas Baduy yang biasanya dimainkan masyarakat setempat ketika akan menanam padi.

Sementara Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial RI, Nahar menambahkan, perayaan hari anak nasional ini juga sebagai perwujudan perlindungan terhadap anak-anak indonesia.

“Jadi artinya saat ini kami tidak ingin ada satu pun anak di indonesia yang tertinggal, salah satu wujudnya adalah ini. Perhatian dari Kemensos RI terhadap anak-anak baduy, dimana kami tidak membedakan asal mereka, dari anak Baduy luar pun mereka tetap sama, yakni anak indonesia,”katanya.

“Hak anak memang harus difasilitasi dengan baik, tapi nanti kita lihat kembali, berdasarkan hukum adat baduy, disana apa saja yang dapat dan tidak dapat kita lakukan untuk membantu anak Baduy luar atau yang lainnya. Itinya kita menginginkan agar hak dasar anak disana dapat terpenuhi dengan baik,” pungkasnya. (RA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan