Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Intens Cek Kesehatan Hewan Kurban

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih pada perayaan idul adha mendatang.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Emed Mashuri menjelaskan, pihaknya saat ini tengah menerjunkan 208 satgas pemeriksa kesehatan untuk hewan kurban.

“Selain pendataan dan mengawasi kita juga melakukan pemeriksaan. Jika memang kita menemukan hewan yang sakit akan segera kami tangani atau jika masyarakat mendapati kesehatan hewan kurban kurang maksimal bisa melaporkannya kepada kami dan kami akan langsung mengirim satgas kami untuk memeriksanya,” kata Emed kepada PenaMerdeka.com, Senin (22/8).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada DKM dengan membentuk satgas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang berjumlah 208 yang bertugas memantau dan melaporkan proses pemotongan hewan kurban di 1.200 titik.

“Tugas mereka memonitor dan melakukan saat proses pemotongan yang dilakukan oleh DKM atau yayasan di setiap wilayah,” tegas Emed.

Meski demikian ia berharap masyarakat dapat lebih jeli dalam memilih hewan kurban yang hendak dibeli dari penjual binatang untuk dikurbankan pada Hari raya Idul Adha.

“Secara kasat mata sangat mudah melihat hewan tersebut layak atau tidak, hewan yang sehat adalah hewan yang aktif bergerak,” imbuhnya.

Terkait jumlah pendataan hewan kurban, Emed menyebut dari 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang baru 4 Kecamatan yang berhasil didata oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang.

“Pendaataan soal kesehatan hewan kurban yang sudah selesai saat ini baru Kecamatan Priuk, Pinang, Ciledug dan Karawaci,” Jelasnya.

Ia Juga mengaku, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pendampingan khusus untuk pemotongan hewan di tiga masjid besar di Kota Tangerang
.

“ini juga sebagai pilot project diantaranya masjid Al’Azhom, Al Ikhlas di Neglasari dan satu lagi masjid Ar Royan di Karawaci,” tukasnya.(aceng)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.