Mahasiswa UNIS Kota Tangerang Gelar Aksi Solidaritas Rohingya

aksi solidaritas Rohingya Unis

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Puluhan mahasiswa Unis Tangerang menggelar aksi solidaritas Rohingya di Bundaran Adipura, Kota Tangerang, Jum’at, (8/9/2017).

Aksi damai dibarengi teatrikal, pembacaan puisi dan pantomim sebagai simbol penderitaan muslim Rohingya di Myanmar.

“Ini adalah salah satu bentuk keprihatinan kami atas apa yang menimpa saudara-saudara kami etnis Rohingya di Rakhine Myanmar, tragedi-tragedi ini sungguh menyayat perasaan kemanusiaan kami,” kata Agung Lakso, koordinator aksi kepada PenaMerdeka.com.

Aksi solidaritas Rohingya dikatakan Ronal juga sangat disayangkan atas isu yang beredar atas penakanan terhadap etnis muslim tersebut adalah konflik agama.

Bahkan mahasiswa menduga banyak kelompok tertentu yang mempolitisasi isue tersebut dengan aksi-aksi konfrontatif.

“Sebetulnya hanya akan memperburuk keadaan masyarakat etnis Rohingya,” teriak Ronal dalam orasinya.

“Lebih parahnya lagi, isue ini digunakan di Indonesia oleh beberapa kelompok untuk kepentingan menjatuhkan pemerintahan. Bahkan kami heran dengan adanya wacana melakukan aksi disalah satu situs sejarah Candi Borobudur, ini jelas upaya pemecah belah antar agama tertentu bukan seutuhnya melakukan aksi solidaritas Rohingya,” sambungnya.

Untuk diketahui, beberapa hari sebelumnya mahasiswa melakukan aksi galang dana di lingkungan kampus Unis Tangerang dan akustik di halaman kampus.

Mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 5.349.300. Dana itu menurutya akan disalurkan melalui instansi yang berkompeten.

Dan rencananya bersama PCNU dan MUI Kota Tangerang akan menyerahkan hasil dari aksi solidaritas Rohingya tersebut melalui Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM). (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah