Gubernur BI: Sektor Industri Pengolahan Banten Sumbang Pertumbuhan Nasional

BANTEN,PenaMerdeka – Sektor industri pengolahan berkontribusi secara utama terhadap ekonomi di Provinsi Banten, dan mempunyai catatan mencapai lebih dari 30 %, diikuti pada sektor perdagangan.

Kedepan kontribusi seperti agro industri dan tekstil, selain industri kimia dan elektronik sektor parawisata juga merupakan sub sektor utama dan potensial mengangkat ekonomi utama saat ini.

Soal sektor industri pengolahan yang bisa mempunyai dampak positif terhadap pembangunan ekonomi tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus DW Martowardojo saat sambutan peresmian Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Banten, Jalan Pandeglang, Kota Serang, Jum’at (15/09).

Ia menegaskan, Provinsi Banten merupakan salah satu daerah yang belum lama berdiri, namun, pergerakan ekonominya terus tumbuh. Bahkan saat ini pertumbuhan laju ekonomi Provinsi Banten lebih tinggi dibandingkan ekonomi nasional.

“Kondisi perekonomian nasional yang kuat tentunya tidak terlepas dari sumbangsih perekonomian dari setiap daerah, termasuk peran penting Provinsi Banten dalam mengembangkan sektor pengolahan industri,” ucap Agus.

Sektor kegiatan tersebut pada ekonomi di Banten telah berkontribusi sekitar 7 persen terhadap ekonomi Jawa atau sekitar 4 persen terhadap ekonomi Nasional. Bahkan kata Agus tumbuh lebih tinggi dibandingkan ekonomi nasional.

“Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar kelima di Indonesia, investasi dan ekspor merupakan penggerak utama perekonomian,” tuturnya.

Agus menambahkan, potensi Banten dibagian utara relatif berhasil dikembangkan, namun daerah yang harus diseimbangkan adalah Banten Selatan.

Khususnya di Kabupaten Lebak dan Pandeglang pada sektor industri pengolahan ataupun jenis pengembangan ekonomi lainnya harus menjadi perhatian semua pihak.

Tetapi ia meyakini capaian kinerja ekonomi di Banten dapat terjaga dan semakin berkualitas. Sebab project infrastruktur akan dibangun. Harapannya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Banten.

“Ditetapkannya sejumlah project strategis Nasional di Banten seperti pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) berbasis pariwisata di Tanjung Lesung, Tol Serang-Panimbang dan pembangunan Waduk besar oleh Presiden bisa menambah daya ekonomi masyarakat serta sektor industri pengolahan,” tandas Gubernur BI, Agus Martowardojo. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah