Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Lahan Pasar Lembang Bermasalah? Kok !! Pemkot Tangerang Berani Bayar

0 113

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kendati soal lahan Pasar Lembang di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang dianggap banyak mengantongi masalah, namun disebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sudah melakukan proses transaksi pembebasan lahan.

Menurut Hendrizein, Koordinator Presidium KAHMI Kota Tangerang sebelumnya sempat menyatakan bahwa lahan yang rencananya akan di bangun Ruang Terbuka Hujau (RTH) dianggap mempunyai masalah.

Namun ia menyayangkan kenapa Pemkot Tangerang berani melakukan transaksi pembebasan lahan, sebab dia beralasan potensinya bakal dapat mempunyai dampak hukum.

“Dahulu ada surat perjanjian kerjasama antara pihak Pemerintah Daerah setempat dengan PT Dian Bermakna bernomor  511.21/325-plk/96,” kata politisi PDI Perjuangan kepada PenaMerdeka.com, Jumat (16/09).

Kerjasama yang dilakukannya beberapa tahun silam itu termasuk untuk membangun ruko, pasar dan terminal namun dalam perjalanannya pihak swasta tersebut tidak dapat menyanggupi kontrak yang tertera dalam klausul.

Soal pembebasan lahan pasar tersebut sebelumnya juga diberitakan tertera dalam Ijin Lokasi dikeluarkan BPN bernomor 005/SKJL-I/NF/1997 diatas lahan seluas kurang lebih 23.200 meter yang terletak di Kelurahan Peninggilan Utara (25.500 M), di Kelurahan Peninggilan Barat (2.700 M), realiasasi berdasarkan SHGB No.1/Peninggilan Utara seluas 16.735 meter, SHGB No.1152/Sudimara Barat Seluas 4.600 meter.

“Kronologi persoalan hukum kenapa akan menjadi blunder kalau dilakukan pembebasan lahan lantaran ada kronologi kerjasama antara PT Dian Bermakna dengan PT Laguna Alam Abadi yang diduga bermasalah,” ujar Hendrizein.

Kemudian dia menyebut bahwa Bank EXIM memberikan kredit kepada Koperasi Pasar Ciledug (H. A Syamlani), untuk pembelian kios di pasar baru Ciledug dan dalam perjalanannya Koperasi Pasar Ciledug macet dalam pengembalian kredit ke Bank EXIM.

Akhirnya, mau tak mau asset disita oleh instansi hukum. Seperti diketahui saat itu Bank EXIM melakukan merger yang berubah nama menjadi Bank Mandiri.

Sehingga asset sitaan dari proyek Pasar Lembang yang kini masih ditempati pedagang beralih ke Bank Mandiri. Dan tandas Hendrizein Bank tersebut akhirnya menyerahkan asset sitaan Pasar Baru Ciledug ke BPPN.

Sementara Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang membenarkan kalau lokasi itu nanti akan dibangun RTH dan soal transaksi pembebasan lahan pasar sudah dilakukan.

Budi Priyatna, Kepala Seksi Pertamanan pada Dinas Budaya, Parawisata dan Pertamanan kepada PenaMerdeka.com beberapa waktu lalu bahwa pada awal 2017 Pemkot menggelar rapat dengan Asisten Daerah (Asda) II, Kota Tangerang serta Bagian Hukum membahas soal rencana pembanguna alun-alun dan juga taman bermain (RTH).

Namun kata Budi melanjutkan, kendati proses pembebasan lahan sudah dilakukan, namun pembangunan RTH belum sepenuhnya mulus lantaran relokasi pedagang dan pembuatan pagar belum rampung dilaksanakan.

“Kesepakatan yang di bangun antara Pemkot dan penjual adalah relokasi pedagang Pasar Lembang dan pemagaran yang menjadi tanggung jawab penjual,” ucapnya.

Saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Pertamanan sudah menyiapkan rencana pembuatan taman namun hanya saja masih menunggu keputusan dari bagian aset apakah kegiatan sudah bisa di laksanakan atau tidak.

Ketika persoalan relokasi dan pemagaran selesai maka rencana bagian pertamanan pun akan langsung merealisasikan rencana tersebut

“Kita menunggu saja. Tapi informasinya soal pembebasan lahan pasar belum sepenuhnya dibayar. Masih ada sisa lagi,” tandas Budi. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...