Didominasi Jamaah Haji Lansia, Kemenag Kota Serang : Kurang Tenaga Medis

Jamaah Haji Lansia Indonesia

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag)
Kota Serang, Machdum Bachtiar, mengaku bahagia, karena hampir seluruh jamaah telah tiba. Namun karena di Kota Serang didominasi jamaah haji lansia (lanjut usia) akhirnya bukan tanpa persoalan, dokter atau tenaga medis dianggap minim, maka perlu diusulkan penambahan.

Menurutnya, kekurangan dokter dan tenaga medis pada kegiatan ibadah wajib tersebut masih menjadi kendala pihaknya.

Satu kloter, kata dia, hanya dilayani satu dokter dan dua perawat. Padahal, ujar dia, per kloter jumlahnya beragam ada yang mencapai 100 lebih. Belum lagi ada persoalan yang harus dicarikan solusinya seperti jamaah haji lansia.

Sehingga, untuk ibadah haji tahun 2018 mendatang, pihaknya menginginkan ada penambahan dokter atau tenaga medis lainnya untuk memberikan pelayanan secara maksimal.

“Kita melihat dari yang kurang dan lebihnya. Harusnya minimal satu kloter aja kita dua dokter, kalau sekarang satu kloter hanya satu dokter dan dua perawat,” katanya wartawan, Kamis (5/10/2017).

Ia menuturkan, akibat dari kurangnya dokter tersebut pelayanan kepada jamaah menjadi terganggu dan tidak optimal.

“Jemaah haji lansia di Kota Serang rata rata berusia diatas 50 hingga 70 tahun,” ucapnya menjelaskan.

Ia berjanji akan menyampaikan persoalan kepada ke Kementerian. Sebab kata Macdum soal aturan untuk porsi tenaga medis masih diatur oleh Kementerian pusat, sehingga pihaknya hanya diperbolehkan memberikan masukan saja.

“Terkait jamaah yang diatas 50 tahun itu kan beresiko kena penyakit. Tambah lagi ada banyak jamaah haji umuran 70 tahunan yang harus dibantu di dorong, itu menambah beban petugas, kan tidak ada petugas khusus yang mendorong orang sakit,” ujarnya.

Soal jumlah kedatangan jamaah ke tanah air dari jumlah 982 jamaah yang berangkat, 207 jemaah tiba hari ini yakni pada Kamis 5 Oktober 2017.

Terlepas persoalan jamaah haji lansia Tandas Macdum semoga mereka dapat menambah nilai spiritual yang lebih dibandingkan dengan sebelumnya selepas menunaikan ibadah haji. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah