Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Pengamat : Mayoritas Pemilih Pilkada Kota Serang Ibu Rumah Tangga 

mayoritas pemilih Pilkada Kota Serang 2018

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Panggung politik perhelatan memilih pasangan calon walikota Serang disebut pengamat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Anis Fuad bahwa mayoritas pemilih Pilkada kebanyakan berasal dari pedagang dan ibu rumah tangga.

Maka itu berdasarkan kajian yang dilakukannya, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang harus segera memasifkan sosialisasi kepada pedagang dan dan ibu rumah tangga tersebut.

Meskipun sosialisasi bisa dilakukan secara menyeluruh. Sebab kata Anis mengatakan, supaya efek target partisipasi pemilih Pilkada dari KPU sebagai penyelenggara dapat terealisasi.

Anis lebih jauh mengatakan, dari hasil penelitiannya, respon masyarakat kepada agenda politik seperti Pilkada dan Pileg di Kota Serang sangat tinggi.

“Begini, segmen terbesar pemilih Pilkada di Kota Serang itu pedagang dan ibu rumah tangga. KPU Kota Serang perlu sosialisasi intensif ke beberapa pasar tradisional. Paling besar kan di pasar Rau,” ucapnya kepada wartawan, Selasa (17/10/2017).

Ia melanjutkan, pasalnya salah satu konsentrasi banyak manusia ada di pasar itu. Sosialisasi ke perumahan juga perlu dilakukan untuk bertemu ibu-ibu rumah tangga.

“Ke desa-desa apalagi. Sangat dibutuhkan sosialisasi,” kata Anis kepada wartawan, Selasa (17/10/2017).

Dia menegaskan, hal utama yang harus dilakukan adalah sosialisasi kepada pemilih Pilkada untuk pemula seperti mahasiswa yang baru saja masuk perguruan tinggi atau warga yang masih berusia sekitar 17-19 tahun keatas.

“Sosialisasi ke Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Selain itu, Alat peraga kampanye para calon dihimbau agar sekaligus mensosialisasikan tanggal pelaksanaan pemilu,” ujarnya.

Selain itu menurut Anis, sosialisasi dengan metode media, seperti baliho, poster, televisi, radio dan sosial media tetap dilakukan.

“Dan sekarang ini saya rasa tim IT KPU juga perlu melakukan sosialisasi pemilih Pilkada di ranah media sosial,” katanya menegaskan. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan