Issu Penambangan Pasir Laut Banten, WH : Pemrov bakal Koordinasi ke Bupati Tatu

BANTEN,PenaMerdeka – Soal kekhawatiran masyarakat akan maraknya kegiatan penambangan pasir laut di pesisir Banten menyusul pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta, Gubernur Banten Wahidin Halim menyebut akan melakukan komunikasi dengan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

Sebab kata pria yang kerap disapa WH, kendati dirinya belum mendapatkan informasi secara langsung terkait pencabutan moratorium tersebut tetap akan melakukan koordinasi dengan Pemda setempat.

“Pemprov Banten belum dapat informasi itu (pencabutan moratorium). Maka itu kita harus cari kejelasan dulu informasinya. Duduk bareng dengan Bupati Serang. Kita bahas,” ucapnya ketika ditanya pasca pencabutan moratorium bakal marak ijin penambangan pasir laut, saat menghadiri acara di Cilegon, Rabu (18/10/2017).

Mantan Walikota Tangerang dan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI ini selain nanti bakal berkoordinasi dengan Pemkab Serang bahkan kata dia Pemprov juga akan berkoordinasi dengan kementerian terkait.

“Jadi tidak hanya dengan Pemda setempat, tapi kita akan berkoordinasi dengan kementrian juga,” katanya menjelaskan.

Gubernur Banten juga menambahkan, semua yang terkait seperti instansi lingkungan hidup juga akan dilakukan koordinasi. Karena ia beralasan, penambangan pasir laut juga menyangkut persoalan kelangsungan hidup biota laut.

Ia menegaskan, kedepan Pemprov Banten nanti akan melibatkan KPK dalam hal pengawasan. “Nah maka itu kajian perizinan atas dampak lingkungan harus matang yang dihasilkan dari pengerukan pasir laut di Banten. Jadi intinya, sampai sekarang kita belum sampai pada keputusan,” tandasnya.

Sampai saat ini, perkembangan terkait ijin perusahaan belum ada yang mengajukan usaha kegiatan penambangan pasir laut. (rhn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah