Buntut Penahanan Ijazah, Kemenag Kabupatem Tangerang Akan Panggil Mts Yabita

0 39

penahanan ijazah di sekolah

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Pihak Kemenag Kabupaten Tangerang rencananya akan memanggil Kepala Sekolah MTs Yabita buntut atas penahanan ijazah kepada siswi Herunisa yang notabene telah lulus tahun 2015 lalu.

Diberitakan sebelumnya pihak sekolah beralasan ingin bertemu dengan orang tua siswi. Karena dianggap masih ada tunggakan pembayaran ke MTs Yabita.

Nawawi, Kepala Kamenag Kabupaten Tangerang, pada Rabu (18/10/2017) mengaku pihaknya rencananya akan memanggil Kepala MTs Yabika. Disebutkan Nawawi, pemanggilan untuk mengkonfirmasi secara langsung soal kejelasan terkait penahanan ijazah yang dilakukan pihak MTs Yabika.

Dia menjelaskan, informasinya bahkan siswa MTs Yabika itu sudah dinyatakan lulus pada tahun ajaran 2015 lalu.

“Kalau ada sekolah menahan ijazah tidak dibenarkan. Tidak boleh di lakukan dengan alasan apapun. Karena, setiap sekolah sudah lebih dari cukup mendapatkan dana BOS,”ujarnya.

Ia lebih jauh menjelaskan, tidak relevan kalau saat ini masih ada penahanan ijazah kepada siswa. Karena dokumen itu banyak diperlukan oleh siapapun.

“Dana BOS sendiri berdasarkan pengajuan pihak sekolah, untuk memenuhi kebutuhan operasional sekolah, jadi tidak mungkin kurang dalam menjalankan operasional sekolah,” ungkapnya.

Secara tidak langsung dinyatakan bahwa pendidikan di sekolah adalah gratis yang dibiayai oleh pemerintah melalui dana BOS.

Nawawi menambahkan, seharusnya pihak sekolah mengedepankan nurani  tidak perlu menahan ijazah walaupun masih ada kewajiban siswa yang masih belum terbayarkan. Terlebih siswi tersebut hanya meminta sebatas poto copy ijasah untuk keperluan UN di sekolahnya.

“Adanya perlakuan penahanan ijazah tentunya akan menurunkan kridebilitas pihak sekolah itu sendiri. Awalnya lantaran kurangnya toleransi ke siswa,” tandasnya. (srn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...