Aspal Tol Tangerang-Merak Bakal Dicampur Limbah Plastik

Aspal jalan tol Tangerang-Merak

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Rencananya untuk pembangunan proyek jalan tol Tangerang-Merak menurut pengelola, nantinya akan menggunakan limbah plastik sebagai campuran aspal.

PT Marga Mandalasakti selaku Pengelola Tol yang menghubungkan Kota Tangerang dan Pelabuhan Merak ini menyebutkan bahwa produk material campuran aspal tersebut diakuinya bukan dari pihaknya.

“Produk campuran aspal Tol Tangerang-Merak bukan langsung dari kita,” ujar Staff Humas PT Marga Mandalasakti, Asri kepada wartawan, Jumat (20/10/2017).

Kata dia melanjutkan, proyek tol dengan menggunakan model matrial seperti ini akan menjadi pekerjaan pertama yang diterapkan. Ia menambahkan hal ini dilakukan untuk jenis pengerasan jalan.

“Jenis matrial ini langsung dari balai tekonologi polymer,” katanya menegaskan.

Asri lebih jauh menjelaskan, proses pembangunan penggunaan limbah plastik tersebut masih tahap uji coba. Sebelumnya uji coba aspal plastik Tol Tangerang-Merak, sudah dilakukan di Bekasi dan Bali.

“Kami juga selama ini belum menerapkan inovasi aspal plastik itu,” tegas Asri.

Kata dia melanjutkan, nanti tanggal 24 Oktober 2017 akan dilakukan uji coba pembangungan aspal menggunakan limbah plastik di Makassar, Sulawesi Selatan.

Tetapi kata dia untuk Tol Tangerang-Merak dilakukan uji coba pada November 2017 mendatang. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Balitbang PUPR, Danis H Sumadilaga.

Ia menyebut prosesi uji coba ini rencananya dilakukan di rest area dan jalan tol.

“Sejauh ini kalau untuk pwmbangunan Tol Tangerang-Merak memang baru kali pertama. Tapi ini hanya di bagian akses dan rest area. Lagi sedang dibicarakan mengenai prosesnya,” tandasnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah