Ribuan Santri Pesantren Salafi Banten Kumpul di Ponpes Al-Fathaniyah

Pesantren Salafi Banten Kumpul di Ponpes Al-Fhataniyah
BANTEN,PenaMerdeka – Ribuan santri dari Pondok Pesantren Salafi dari berbagai wilayah di Provinsi Banten memadati Pondok Pesantren Al-Fathaniyah di Sempu Kota Serang, Sabtu (21/10/2017) malam.

Kehadiran santri tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017 yang jatuh pada 22 Oktober.

Kegiatan berkumpulnya pesantren salafi dihadiri selaku yang juga tuan rumah Kyai terkemuka di Kota Serang, KH. Matin Syarkowi, Ketua DPRD Kota Serang, Subadri Ushuludin, dan Kapolda Banten, Brigjen Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Pantauan wartawan, kegiatan yang dimulai pukul 20.00 tersebut, Pon Pes Alfhathaniyah langsung dipadati oleh kalangan santriwan dan santriwati dari berbagai Pondok pesantren.

Kegiatan dilanjutkan dengan shalawat bersama dan pembacaan 1 Milyar Shalawat Nariyah. Hal itu berdasarkan instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bahwa dalam memperingati HSN 2017 semua warga Nahdliyin diperkenankan untuk membacakan 1 Milyar Shalawat Nariyah.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fathaniyah, KH. Matin Syarkowi mengatakan kaitan ulama dan santri maka sudah tentu akan berbicara soal Pondok Pesantren Salaf.

Baginya, Pondok Pesantren Salafi adalah lembaga pendidikan tertua yang telah terbukti berkontribusi terhadap pendidikan karakter anak bangsa.

“Pendirinya yaa para wali, yang disebut Wali Songo,” ujarnya dihadapan ribuan santri disambut tepuk tangan yang meriah.

Ia menegaskan, terbentuknya daerah kepulauan di Nusantara tidak bisa dilepaskan dari peran ulama dan santri.

Oleh sebab itu, para ulama yang lahir dari pesantren salafi telah mewariskan negara ini untuk kemudian dijaga dan dirawat. (rhn)

Disarankan
Click To Comments