HUT RI 76

Pasca Kemenangan Beruntun, Peluang Timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia ?

JAKARTA,PenaMerdeka – Dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Timnas U-19 Indonesia berhasil menenggelamkan timnas Brunei Darussalam dan Timor Leste. Kemenangan yang diraih juga dengan skor yang meyakinkan. Tim lawan masing-masing diungguli 5-0 tanpa balas.

Sejumlah pengamat sepakbola menilai keunggulan yang diraih selain dengan skor meyakinkan memang dibarengi juga dengan tingkat penguasaan bola yang bagus.

Tim Brunei dan Timor Leste dari awal diprediksi memang bakal bisa mudah dikalahkan oleh tim asuhan Indra Sjafri. Namun kata Mantan asisten pelatih Persipura Jayapura, Tony Ho menilai Timnas Indonesia U-19 harus menaikkan standar permainan saat meladeni Korea Selatan pada Sabtu (4/11/2017) dan Malaysia Senin (6/11/2017) di ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

“Timnas U-19 memang selalu mengontrol pertandingan dan menang besar dalam dua partai awal. Tapi, kita harus tampil lebih baik saat menghadapi Korsel dan Malaysia,” ucapnya seperti dilansir Bola.com usai timnas U-19 mengalahkan Timor Leste 5-0, di Paju Public Stadium, Korea Selatan Kamis (2/11/2017).

Tony yang tercatat pernah menjadi salah seorang tim kepelatihan di tim Arema Indonesia menyebutkan, dalam babak kualifikasi Piala Asia ini selain unggul penguasaan bola, strategi membangun serangan dari bawah plus kombinasi atau perpindahan bola juga berjalan baik.

Tapi, Indonesia bukan tanpa mengantongi kelemahan. Di sektor kiri lini belakang ada kelemahan, terlihat sepertinya organisasi pertahanan rapi. Namun ia beralasan karena tekanan lawan sekelas dari Brunei dan Timor Leste tidak sepadan dengan Malaysia dan Korea Selatan.

“Belum teruji di penyisihan kualifkasi Piala Asia ini. Seharusnya dengan kualitas lawan bisa bisa menghasilkan gol lebih dari itu. Apalagi juga ada celah di posisi kiri pertahanan Tim Garuda Nusantara yang bisa dimanfaatkan oleh lawan nanti,” ungkapnya.

Namun kata dia melanjutkan, akan mengevaluasi keberadaan tim. Yang terpenting adalah timnas U-19 bisa memanfaatkan ajang ini untuk mengukur kekuatan di putaran final tahun depan.

Sementara pada pertandingan lanjutan babak kualifikasi Piala Asia, Timnas U-19 Brunei Darussalam bertekuk lutut usai dikalahkan tuan rumah Timnas U-19 Korea Selatan dengan skor 11-0.

10 gol pun kembali disarangkan Timnas U-19 Korea Selatan lewat Kim Chan (17′), Lee Sang Jun (31′, 86′), Cho Young Wook (51′, 61′), Lim Jaehyuk (49′, 88′), Lee Kangin (73′), Jeong Hojin (75′), dan Kim Hyunwoo (90+3′).

Hasil laga ini sekaligus membuat Timnas U-19 Korea Selatan membayangi Timnas U-19 Indonesia di posisi kedua klasemen sementara dengan 3 poin.

Sementara Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menyatakan kemenangan yang didapat Garuda Nusantara melawan Brunei Darussalam dan Timor Leste membuatnya sudah memiliki komposisi tim terbaik untuk menghadapi tuan rumah Korea Selatan U-19, Sabtu (4/11/2017) mendatang.

Timnas Indonesia U-19 mampu melewati dua laga awal di babak kualifikasi Piala Asia U-19 dengan mulus. Brunei dan Timor Leste sama-sama pulang dengan kekalahan 0-5 dari Timnas Indonesia U-19.

Usai meraih dua kemenangan, Indra Sjafri mengaku sudah menemukan komposisi terbaik untuk menghadapi Korea Selatan.

“Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan dua pertandingan dengan baik. Besok menghadapi Korea Selatan kita sudah mempunyai komposisi terbaik,” tandasnya. (riri/dbs)

 

Disarankan
Click To Comments