Kemlu RI: WNI di AS Terancam di Deportasi

WNI di AS Terancam di Deportasi

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, ratusan warga negara Indonesia (WNI) di (AS) terancam terkena deportasi oleh pemerintah Amerika Serikat setempat. Sekirannya ada 558 WNI yang terancam deportasi pada seluruh wilayah AS.

Menurut pernyataan Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI Muhammad Iqbal, bahwa ada tiga macam WNI yang berada di Amerika Serikat yang terancam deportasi.

“Pertama ada WNI di AS ada yang meminta suaka, biasanya dengan alasan mereka takut terkena prosekusi. Namun petmintaan tersebut ditolak oleh pengadilan. Kedua, mereka yang sudah mendapatkan suaka, tetapi sesudah mendapat suaka pernah kembali ke Indonesia. Akhirnya pun menetap di AS, dan yang terakhir adalah WNI Ilegal,” tandas Iqbal.

“Total ada 558 delapan di seluruh Amerika dari ketiga kategori tersebut. Fokus terutama pada pihaknya saat ini adalah pada WNI ilegal yang hendak di deportasi oleh imigrasi AS.

Sementara itu, ketika diminta data warga negara Indonesia yang ilegal berada di Amerika saat ini, Iqbal menyatakan tidak memiliki data yang pasti. Tetapi, berdasarkan estimasi ada sejumlah WNI di AS yang ilegal berjumlah sekitar 40 ribu orang. (redaksi)

Disarankan
Click To Comments