Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

KPU Kota Tangerang Launching Pilkada ‘Saya Mencoblos’ 

Launching Pilkada 'Saya Mencoblos' 
Seremoni pelepasan balon oleh Wakil Walikota, Sachrudin, tanda dimulainya tahapan Pilkada Kota Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang dalam pelaksanaan pemilihan calon walikota dan wakil walikota menggelar acara launching Pilkada 2018.

Launching gerakan Pilkada ‘Saya Moencoblos’ berlangsung di Alun-alun Ahmad Yani, Sukarasa, merupakan kegiatan sosialisasi Pilkada Kota Tangerang yang akan dilaksanakan pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane dalam sambutannya mengatakan, gelaran Launching Pilkada Kota Tangerang kali ini berbeda dari yang lain.

“Jika sebelumnya dalam peluncuran Pilkada hanya dilakukan secara seremonial, kini KPU Kota Tangerang akan mengajak ribuan orang perwakilan dari berbagai lembaga di Kota Tangerang untuk mendeklarasikan Gerakan ‘Saya Mencoblos,” terangnya, Senin (20/11/2017).

Terkait gerakan ‘Saya Mencoblos’, menurut mantan wartawan ini bahwa ini juga merupakan upaya KPU mengajak warga Kota Tangerang supaya dengan kesadarannya bisa mencoblos menggunakan hak suaranya dalam Pilkada nanti.

“KPU Kota Tangerang hanyalah fasilitator dalam penyelenggaraannya. Tapi kita berusaha mensukseskannya. Namun sesungguhnya yang berhak memilih adalah masyarakat yang sudah memiliki hak pilih,” jelasnya.

Ditambahkan Sanusi, dalam launching Pilkada tersebut, terlibat sebanyak 2.000 tamu undangan yang berasal dari berbagai unsur.

Ia mencontohkan instansi pemerintah itu diantaranya, TNI/Polri, KPU, Panwaslu, Akademisi baik dari Kampus maupun Praktisi pendidikan, Siswa, Mahasiswa, Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Kemahasiswaan, sampai dengan kalangan pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Tangerang.

“Sesuai dengan Taglinenya, Besama Sukseskan, kami ingin deklarasi Gerakan ‘Saya Mencoblos’ ini juga bisa disuarakan oleh semua elemen.”

Tandas Pane, jadi kami ingin tagline ini benar-benar berjalan, dan semua pihak bisa mensukseskan Pilkada.

Sementara Ketua KPUD Provinsi Banten, Agus Supriatna mengatakan, Kota Tangerang merupakan daerah yang kedua melaksanakan launching Pilkada.

Dikatakan Agus, sebelumnya kabupaten Lebak dan di Banten. Ada empat daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

“Upaya launching ini diharapkan bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih. Pilkada 2013 lalu Kota Tangerang mencapai 63%. Kemudian pada Pilgub 2016 tingkat partisipasi di Kota Tangerang mencapai 69%,” terang Agus.

Lebih dalam ia menjelaskan, KPU RI menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2018 nanti sebesar 77,5% pemilih.

“Maka dari itu KPU optimis bisa mencapai target lebih dari itu. Louncing Pilkada salah satu upaya mensukseskan acara demokrasi,” tandasnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan