Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Pembangunan Infrastruktur Jalan, Pemprov Banten Anggarkan Rp1,4 triliun

0

BANTEN,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi Banten sudah menganggarkan sekitar Rp1,4 triliun untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan pada tahun 2018 nanti dari semua total APBD Banten sekitar Rp11,3 triliun. “Awalnya sudah dianggarkan Rp1,8 triliun, karena ada kebutuhan prioritas lainnya sehingga ada pengurangan menjadi Rp1,4 triliun,” ucap Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banten Najib Hamas saat di konfirmasi kembali oleh PenaMerdeka.com di Serang, Minggu.

Ia menegaskan anggaran tersebut dipergunakan untuk menyelesaikan perbaikan dan pembangunan sejumlah ruas yang masih tersisa saat ini, terutama yang menjadi amanat yang sudah diatur pada Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang percepatan pembangunan di Provinsi Banten.

“Kan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan provinsi itu masih ada yang tersisa sekitar 20 persen yang belum selesai. Kita akan menyelesaikan itu, terutama yang menjadi amanat perda percepatan perbaikan dan pembangunan. Fokus kita saat ini untuk layanan dasar, yitu kesehatan, pendidikan dan lain-lain,” paparnya.

Menurut Najib, percepatan pembangunan itu sudah masuk dalam program RPJMD 2017-2022 sehingga pasti diperlukan anggaran cukup besar dan memadai. Untuk kenaikan status jalan dari kabupaten/kota ke provinsi, kata dia, hal itu bisa dilakukan sepanjang sudah layak dinaikan statusnya.

“Salah satu contoh yang sudah dikerjakan pembangunan infrastruktur jalan adalah jalan dari Taktakan dekat Brimob, Kota Serang menuju Mancak, Kabupaten Serang. Itu sekarang sudah menjadi alur provinsi, karena memang fungsinya itu adalah untuk penunjang,” tungkasnya. (PenaMas)