Penyerapan Anggaran Minim, Pemkab Bekasi Larang Pejabat Liburan Akhir Tahun

KABUPATEN BEKASI,Pena Merdeka – Lantaran penyerapan anggaran masih sangat rendah, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberikan peringatan keras kepada pejabat daerahnya.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Bekasi menyerukan agar para pejabat terkait tidak mengambil cuti atau mengambil libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Ini untuk memaksimalkan kinerja dalam penyerapan anggaran yang masih mencapai 56 persen pada anggaran oendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017,” Kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Uju M.Si, Kamis (14/12/2017).

Menurut dia, dalam hal ini menargetkan dari total APBD sebesar Rp5,8 triliun dengan kondisi saat ini bisa tercapai sekitar 80 persen bisa terserap.

Selain itu tambahnya, untuk meningkatkan kualitas kerja bagi OPD yang terendah atau kurang maksimal bakal diberikan sanksi kinerja secara administrasi.

Dan juga guna menyikapi masalah penyerapan anggaran ini sudah melakukan koordinasi dengan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan penyerapan anggaran.

“Dan dalam upaya tersebut juga telah memberikan batas waktu sampai Jumat (hari ini-red). Bila hal tersebut tidak dapat tercapai maka akan ada sanksi keras dari Bupati Bekasi,” ungkapnya.

Pasalnya tambah Uju, pada APBD 2017 bisa dikatakan tahun yang cukup sulit melakukan penyerapan anggaran. Hal itu dikarenakan kurangnya kedisiplinan pegawai maupun pejabat guna mengolah kegiatannya.

Oleh sebab itu maka berimbas kepada sejumlah kegiatan yang tidak dapat terserap dengan baik. Peringatan keras ini tambahnya lagi, sudah dilakukan sebanyak dua kali.

Dan langkah ini dilakukan supaya tidak terjadi Silpa. Dan hal tersebut bila mana tidak dapat mencapai 60 persen maka Pemkab Bekasi akan mendapatkan sanksi dari Pemerintah Pusat.

“Ini dikarenakan banyaknya kegiatan yang tidak terlaksana. Otimatis penyerapan anggaran harus didorong kepada dinas dinas. Dan yang paling kegiatan belum berjalan antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan lain sebagainya,” tandasnya. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah