Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Pemkot Bekasi Oprasikan Bus Transpatriot Hari Ini

BEKASI,PenaMerdeka- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sudah mengoperasikan bus Transpatriot pada Senin (18/12/2017). Selama uji coba, kendaraan masal itu digratiskan selama tiga pekan hingga awal tahun depan nanti. Rencananya, tiket massal ini siap dibandrol Rp3.500 per penumpang.

Yayan Yuliana selaku Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi menyebutkan, bahwa di dalam uji coba tersebut, pemerintah hanya bisa mengerahkan tiga bus saja untuk digunakan hingga akhir tahun ini.

“Januari 2018 mendatang, baru kita nanti operasikan sebanyak sembilan bus Transpatriot untuk melayani tranportasi warga didaerah bekasi dan sekitarnya,” paparnya di Bekasi.

Menurutnya, kendaraan ini akan beroprasi di dua trayek tujuan yaitu pada Terminal Induk Kota Bekasi-Perumahan Harapan Indah dan Terminal Induk Kota Bekasi-Pondok Gede.

“Selama uji coba ini, penumpang akan digratiskan oleh Pemkot Bekasi sampai persyaratan operasional sudah terpenuhi semuannya” tandasnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menuturkan, operasional bus Transpatriot masih memerlukan serangkaian penyempurnaan pada layanannya. Namun, kendaraan yang diuji coba tersebut merupakan embrio lahirnya transportasi massal pada Kota Bekasi.

“Kita semua pasti ingin Kota Bekasi mempunyai transportasi massal layaknya Transjakarta serta kota-kota lainnya” tungkas Rahmat saat di hubungi PenaMerdeka.com.

Menurut Rahmat, proses pengadaan kendaraan 3/4 hasilproduksi PT Armada tahun 2017 itu memerlukan waktu lama sejak akhir 2015 akibat terganjal oleh serangkaian birokrasi dan sistem pengadaan secara lelang eletronik.

Meski diuji coba, Rahmat mengaku Pemkot Bekasi masih membutuhkan serangkaian penyempurnaan pada layanan, mulai dari pembentukan Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) selaku operator, penambahan fasilitas wifi, alat transaksinontunai, koridor khusus bus Transpatriot. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan