kanal partai gerindra

294 Pengembang Perumahan di Kabupaten Bekasi Belum Serahkan Fasos Fasum

0

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Ratusan pengembang perumahan di Kabupaten Bekasi disebutkan belum menyerahkan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Mayoritas hunian yang belum menyerahkan fasilitas tersebut sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Akibatnya hal itu banyak keluhan masyarakat yang tidak bisa diakamodir oleh pemerintah Kabupaten Bekasi.

”Data yang kami punya ada 294 pengembang perumahan yang belum menyerahkan fasos dan fasum sampai saat ini,” jelas Jamalludin, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi kepada PenaMerdeka.com.

Dia menjelaskan, dari jumlah tersebut hanya 32 saja pengusaha yang sudah menyerahkan fasos dan fasum. Padahal, agar memperoleh izin membangun harus menyediakan fasos dan fasum dan menyerahkannya kepada pemerintah setempat.

Supaya menindak lanjuti pengembang perumahan itu, pemerintah bersama legislatif masih menjalani pembahasan untuk pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) khusus fasos dan fasum.

”Dari 294 yang sudah didata, hanya ada 11% yang sudah menyerahkan fasos fasum, sedangkan 89% lainnya tidak menyerahkan sama sekali,” ungkapnya.

Fasos yang dimaksud ialah meliputi jalan, angkutan umum, saluran air, jembatan serta fasilitas yang harus diperuntukkan bagi masyarakat umum lainnya. Sedangkan, yang disebut fasum di antaranya adalah klinik, pasar, tempat ibadah, sekolah, ruang serbaguna atau juga fasilitas sosial lainnya.

Jamal menambahkan, perumahan yang dibangun ditelantarkan sudah bertahun-tahun lalu. Hal tersebut mendorong pemerintah harus menertibkan pemain ‘nakal’ tersebut dengan aturan yang mengikat nantinya disahkan melalui peraturan daerah.

Seperti diketahui, setiap pengembang perumahan diwajibkan menyediakan fasos fasum sebesar 2% saja dari total luas kumpulan hunian tersebut yang digarap. Persentasenya minim, mayoritas pemain justru membandel, lebih dari itu banyak yang kabur begitu saja. (ers/ewy)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Angkasa Pura II

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

efficitur. ut id consectetur at justo elementum Aliquam