Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Polsek Tangerang Jelang Tahun Baru Gencar Gelar Razia Petasan

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Saat menggelar razia petasan dan mercon menjelang pergantian tahun baru di wilayah Sukasari, Kota Tangerang, Tim Resmob Polsek Tangerang berhasil menyita ratusan jenis barang yang mudah terbakar tersebut.

Ratusan mercon yang dikemas dalam puluhan kardus tersebut sengaja disimpan Dani bin Bajo, pria kelahiran tahun 1959 yang beralamat di Kelurahan Angke, Tambora, Jakbar akhirnya disita petugas dari kios miliknya.

“Hasil giat tim Resmob Polsek Tangerang terkait operasi cipta kondisi dengan sasaran mercon atau petasan. Kami sengaja menggelar razia petasan dan mercon jelang tahun baru,” kata Kapolsek Tangerang, Kompol Ewo Samono kepada wartawan, Rabu (27/12/2017).

Ia mengatakan, operasi yang dimulai pukul 14.30 WIB salah satunya menelusuri Jalan Soleh Ali, Sukasari, Kota Tangerang.

Ewo mengatakan, kepada warga jangan menyalahgunakan bahan peledak jenis tersebut, sebab ia juga menjelaskan, persoalan ini sudah diatur dalam ketentuan. Aturannya ada dalam UU Nomor 12 tahun 1951, dan ada sanksi pidananya pula kalau menyalahgunakannya.

“Petasan atau mercon adalah salah satu sumber bencana dan sumber permasalahan yang bisa mengakibatkan berbagai bentuk keributan. Makanya kita gelar razia petasan ini,” tegas Ewo.

Lebih dalam ia menuturkan, supaya masyarakat Tangerang dalam merayakan menutup tahun 2017 bisa juga menjaga gangguan Kamtibmas.

Atas temuan tersebut pemilik toko berikut barang bukti petasan dibawa ke Polsek Tangerang guna proses lebih lanjut.

Selain petasan yang dikemas dalam kardus, polisi juga menyita ratusan petasan jenis korek.

“Sebanyak 96 buah petasan tanpa merk dan 77 buah jenis petasan korek tanpa merek berhasil kita amankan dalam razia petasan kali ini,” pungkasnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan