kanal partai gerindra

Menlu Jepang Tolak Pindahkan Kedutaan di Yarusalem

0

TOKYO,PenaMerdeka – Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menegaskan, pihaknya tak memindahkan Kedutaan Besar di Israel dari Tel Aviv ke Yarusalem. Ia menyatakan bahwa status kota tersebut harus diputuskan dalam pembicaraan damai antara Israel-Palestina.

Kono, melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, menjelaskan meskipun Jepang sekutu dekat Amerika Serikat (AS), tetapi mereka tidak mengikuti langkah AS yang mengakui Yaruslem sebagai Ibu Kota Israel dan tidak memindahkan kedutaanya kesana.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Kono mengatakan, “Sebagai sekutu lama dengan AS, Jepang tidak akan mengalihkan misi diplomatiknya ke sana. Status kota itu harus diputuskan dalam perundingan perdamaian,” paparnya, Rabu (27/12/2017).

Pernyataan Kono tidak lama setelah Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Tzipi Hotovely menyatakan, lebih dari 10 negara sedang mempertimbangkan agar mengakui kota tersebut sebagai Ibu Kota Israel. Mereka akan mengikuti langkah Amerika Serikat (AS) dan Guatemala yang sudah melakukan hal itu.

Hotodely tak menyebutkan salah satu dari 10 negara itu. Namun, negara tersebut mempunyai tradisi Kristen yang kuat. Filipina, Republik Ceko dan Rumania adalah beberapa negara yang akan melakukan hal itu, sesudah mereka tidak hadir saat voting beberapa lalu di PBB mengenai Yerusalem.

Filipina, melalui Menteri Luar Negeri Alan Peter Cayetano sudah membantah kabar bahwa Filipina yang memindahkan Kedutaan Besarnya di Tel Aviv ke Yarusalem, dengan menyebutkan bahwa Israel tak pernah memohon pemerintah Filipina agar mempertimbangkan tindakan itu. (uki)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

elit. vel, fringilla ultricies Lorem at neque. risus. Phasellus