Harga Ikan dan Ayam di Pasar Kota Tangerang Relatif Stabil

0 117

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Jelang pergantian tahun 2017 harga ikan dan ayam potong di sejumlah Pasar di Kota Tangerang hingga H-1 malam tahun baru masih relatif stabil.

Eko Purnomo (58) salah satu pedagang di pasar Ramadani menyebutkan, beberapa jenis ikan di Pasar Ramadani, Pasar Baru, Kota Tangerang dirasakan belum ada peningkatan signifikan.

“Kenaikan harga ikan masih dikisaran Rp1000, dan biasanya kenaikan nanti pas biasanya jelang malam tahun baru saja. Dan itupun tidak terlalu besar, yang tadinya harga Rp25000 akan menjadi Rp27,000 hingga Rp30.000 itu pun bagi yang belum tau harga atau jarang kepasar,” jelas Eko, Minggu (31/12/2017) sore.

Dia melanjutkan, bagi yang sering ke pasar atau untuk langganan paling kenaikan kenaikan kata pria yang mengaku sudah delapan belas tahun berjualan ikan di pasar tersebut tidak terlalu signifikan.

Hanya untuk kebutuhan ikan biasanya akan meningkat pada malam tahun baru saja. Harga ikan bisa dua kali lipat dari hari biasanya. Untuk jenis ikan yang di minati biasanya konsumen membeli sesuai hobi masing-masing. Yang sering diminati untuk pesta bakar ikan adalah jenis ikan patin, bawal, kakap, bandeng.

“Kalau kenaikanya harga masih terjangkau mas, paling nanti pas malam tahun baru pada jam 4 sore sampai malam hari” tegasnya.

Di tempat terpisah, Ahmad Taupiq (42) pedagang ayam potong di di Pasar Gerendeng, Karawaci mengatakan, harga ayam kampung dan negeri belum ada kenaikan harga dan peningkatan penjualan.

Biasanya peningkatan harga dan penjualan tersebut pas malam tahun baru.

“Untuk saat ini kisaran harga masih variatif di angka lima puluh sampai delapan puluh ribu tergantung besar dan kecilnya jenis ayam kata pedagang yg mengaku sudah berjualan selama delapan tahun di pasar gerendeng,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang, Junizar mengklaim harga ikan dan ayam dari tanggal 14 Desember 2017, hingga saat ini masih stabil dan relatif terjangkau masyarakat.

Kenaikan harga kata Junijar masih dikisaran Rp 1000, hanya beberapa pasar saja yang sedikit berbeda kenaikannya yaitu dikisaran Rp2000. Karena pihaknya terus memantau kenaikan harga setiap harinya .

Adapun kenaikan harga yang terjadi biasanya karena dipicu oleh kebutuhan masyarakat pada malam tahun baru saja yang sifatnya insidentil.

“Kenaikan harga ikan dan ayam potong yang terjadi jelang tahun baru kan itu sifatnya spontan karena permintaan pasar yang banyak,” tandas Junijar menegaskan. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...