Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tahun Politik, Jokowi: Pelihara dan Jaga Persatuan

0 71

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering menyampaikan bahwa 2018 merupakan tahun politik. Ia menyampaikan, bahwa Indonesia merupakan negara besar yang terdiri atas beragam budaya, adat istiadat, keyakinan, suku, dan bahasa.

Namun, didalam perbedaan itu hendaknya tidak dijadikan sebagai benih perpecahan, tetapi, sebagai sebuah kekuatan bersama yang akan menjadikan Indonesia semakin maju.

“Kita harus mengelola kebinekaan kita. Perbedaan-perbedaan ini menjadi sebuah kekuatan. Kalau kita bisa mengelola perbedaan-perbedaan, kita ini pasti menjadi sebuah kekuatan besar apalagi saat tahun politik ini,” jelas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengajak masyarakat untuk turut memilih pemimpin terbaik di tingkat kabupaten, kota, provinsi, atau pada pemilihan presiden nanti sesuai dengan penilaian dan pilihan masing-masing. Namun, sesudah pemilihan berlangsung, dia berharap jangan ada kebencian dan menjelekkan satu sama lain.

“Tahun politik itu berbeda boleh, namun setelah itu ya sudah. Biarkan pemimpin yang kita pilih bekerja lima tahun. Kalau kerjaannya tidak benar, jangan dipilih lagi. Kalau baik, pilih lagi. Itu saja. Jangan sampai emosi kita teraduk,” jelas Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk bersatu padu terlepas apapun pilihan mereka. Namun, Indonesia masih harus menghadapi persoalan yang jauh lebih besar pada masa mendatang di mana persoalan itu hanya bisa dihadapi dengan persatuan bangsa.

“Kita harus bersatu karena kita tengah bersiap menyambut masa depan ataupun tahun politik ini, tantangan kita besar. Sekarang Indonesia menyambut berbagai perubahan yang sudah terjadi di dunia. Perubahan sekarang sangat cepat,” tutupnya. (uki )

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...