Pemkab Bekasi Anggarkan Alat Early Warning Sungai Citarum

0

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, berencana memasang alat peringatan dini (early warning sistem) di 2 titik aliran sungai yang melintas guna memantau luapan sungai dan bencana banjir.

“Alat monitor itu direncanakan akan dibeli melalui APBD 2018 dan telah dianggarkan,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, H. Aspuri, Jumat (12/1/2018).

Masih kata Aspuri, kedua sungai yang rencananya akan dipasang alat early warning adalah Sungai Citarum dan Kali Bekasi. Sebab seperti diketahui kedua sungai tersebut kerap meluap menyebabkan banjir di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Dua titik sungai yang dipasang alat itu diantaranya di Sungai Citarum dan Kali Bekasi. Karena sering meluap airnya dan menyebabkan banjir,” sambung Aspuri.

Nantinya kata Aspuri, pihaknya dan warga bisa langsung siaga apabila alat itu berbunyi dan mengeluarkan tanda jika kondisi sungai debit airnya mengalami peningkatan.

“Kita perlu early warning. Rata-rata penyebab meluapnya aliran sungai yang menyebabkan banjir karena air kiriman dari hulu sungai,” terangnya.

Namun demikian menurutnya, normalisasi juga sangat diperlukan pada kedua sungai tersebut, dan untuk itu BPBD sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR. Hanya saja ia mengaku belum mengetahui pasti kapan pelaksanaan normalisasi tersebut.

“Ada dua langkah selain pemasangan alat early warning tapi BPBD pun sudah meminta menormalisasi sungai. Tetapi normalisasi itu akan dilakukan di tahun ini atau tidak kita belum tahu,” jelasnya. (ewwy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.