Kenaikan VAT, Kemenag Kota Tangerang: Waspadai Travel Umroh Bodong

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tangerang menghimbau masyarakat supaya memperhatikan travel umroh sebelum mendaftar menjadi calon jamaah. Sebab, Pemerintah Arab Saudi resmi meberlakukan value added tax (VAT) sejak 1 Januari 2018.

VAT atau pajak yang ditetapkan Arab Saudi sebesar 5 persen. Otomatis dampaknya bakal ada kenaikan biaya perjalanan umroh dan haji. Sebelumnya pemerintah sudah menstandarkan biaya umroh kepada travel.

“Tidak masuk akal kalau sekarang ini ada travel umroh yang bisa memberangkatkan jamaah dengan biaya hanya Rp15 juta. Apalagi sampai dibawah angka itu,” kata Dedi Mahfudin, Kepala Kemenag Kota Tangerang kepada PenaMerdeka.com, Jumat (12/1/2018).

Masyarakat harus pandai memilih travel, kalau perlu kata Dedi perusahaanya harus dicek apakah bodong atau tidak. Soal biaya pemberangkatan umroh pemerintah sudah menstandarkan biaya sekitar Rp21 juta.

Artinya dengan adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menaikan pajak dan nanti berimbas kepada biaya perjalanan umroh maka tidak mungkin travel bisa memberikan paket dengan harga misalkan Rp15 jutaan saja.

“Sudah banyak pengalaman akibat promosi yang murah tetapi ternyata biro tersebut malah meninggal kabur calon jamaah haji. Kalau mau daftar kan bisa dilihat dulu melalui ‘mbah google’. Apakah perusahaan travel umroh itu bagus atau tidak,” tandas Dedi. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah