Faktor Fisik, Determinasi Timnas Kedodoran Kontra Islandia, Skor 1-4

JAKARTA,PenaMerdeka – Sempat merepotkan barisan pertahanan Timnas Islandia, tetapi memasuki babak ke dua dalam laga persahabatan Internasional di Stadion Glora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018) determinasi Timnas Indonesia sampai babak ke dua usai ketinggalan dengan skor 4-1.

Pada babak pertama Indonesia sempat mengimbangi bahkan barisan pertahanan Islandia keteteran melalui determinasi serangan memalui ke dua sayap Indonesia yang ditempati Ilham Udin Armaiyn dan Febri Hariyadi. Karena tidak didukung faktor fisik yang baik, permainan Indonesia tidak sebagus pada babak pertama menggempur Islandia.

Keunggulan 1-0 Indonesia melalui Ilham Udin Armaiyn. Saat itu fisik pemain belum menurun, sehingga determinasi Timnas bagus dengan taktik umpan pendek diselingi kecepatan. Berawal ketika Febri hariyadi mengirim umpan silang dari sisi kanan, tapi bola berhasil ditangkap oleh kiper Islandia, Runar Alex Runarsson.

Kemudian bola lepas dari tangan Runarsson dan langsung disambar oleh Ilham Udin, 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Albert Gudmundsson menyamakan kedudukan tepat sesaat sebelum jeda. Mendapatkan umpan terobosan dan lolos dari jebakan offside, tembakan Gudmundsson sempat dihalau oleh Andritany tapi bola rebound disambarnya kembali untuk menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Memasuki babak kedua, Islandia menjadi lebih nyaman dan secara keseluruhan menjadi lebih dominan. Sebaliknya, determinasi Timnas Islandia bisa memainkan bola dari kaki ke kaki dengan lebih tertata.

Dominasi Islandia ini berbuah gol pada menit ke-59. Berawal dari tendangan sudut, bola berhasil dihalau oleh para pemain bertahan Indonesia. Namun bola bergulir di kotak penalti dan menyebabkan kemelut. Smarason menyambar bola liar dan berhasil membalik kedudukan menjadi 1-2.

Delapan menit berselang, Gudmundsson mencetak gol keduanya dalam laga ini melalui titik penalti. Hansamu melakukan pelanggaran di kotak terlarang dan wasit menunjuk titik putih. Eksekusi Gudmundsson sukses mengecoh Andritany dan skor pun berubah menjadi 3-0.

Gudmundsson akhirnya melengkapi hattricknya pada menit ke-72. Karena faktor lelah, konsentrasi dan determinasi Timnas menurun. Dalam sisa waktu ini mudah mudahan pelatih Luis Milla bisa mengevaluasi kekurangan Timnas menjelang Asia Games berlangsung. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan