Soal Pembuatan Perda Miras Pemkab Bekasi, Ini Tanggapan Masyarakat

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Akan adanya pembuatan Perda Miras pada tahun 2018 oleh Pemkab Bekasi mendapat tanggapan dari sejumlah pihak. Ketua Bidang Humas MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bekasi, Ewwy Widiansyah menyebutkan hendaknya Pemkab dan DPRD Kabupaten Bekasi secara matang dan mendalam melakukan pengkajian.

Apalagi, lanjut Ewwy, sudah menjadi rahasia umum jika saat ini peredaran miras oplosan ataupun palsu (KW) banyak ditemukan pada tempat hiburan malam di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Pembuatan Perda soal pelarangan dan peredaran miras kalaupun akan dilakukan Pemkab Bekasi sebaiknya  harus dikaji secara matang,” ujarnya, Minggu (14/1/2018).

Masih kata dia, banyak Perda yang sudah dibuat oleh Pemkab Bekasi, namun pada akhirnya tidak bisa ditegakkan lantaran dari awal sudah lemah pada kajian ataupun naskah akademik yang tidak matang.

Sehingga, Perda yang nanti akan diterbitkan potensi tidak menimbulkan kegamangan bagi Penegak Perda dalam hal ini terutama Satpol-PP.

“Sudah banyak Perda dibuat tanpa mencantumkan sanksinya, pasal per pasal dalam proses pembuatan Perda harus bisa mencerminkan sebuah regulasi yang hirarki terhadap perundang-undangan. Kalau tidak, nantinya tentu membuat pihak Satpol-PP akan ragu ketika akan menegakkan Perda. Seperti pada pemberlakuan Perda soal tempat hiburan malam di wilayah Kabupaten Bekasi. Itu jadi gamang,” ucapnya menegaskan.

Dirinya juga menekankan kepada pihak legislator atau DPRD Kabupaten Bekasi supaya semangatnya tidak berpacu pada target pembuatan Perda semata, harus dilakukan pengkajian secara mendalam sebelum diterbitkan.

Sebab kata Ewwy untuk membuat sebuah Perda tidak sedikit biaya yang dikeluarkan dari APBD, karena itu uang masyarakat. “Jangan terkesan hanya menghamburkan uang rakyat, atau memang ada unsur kesengajaan disini? ” tukasnya. (ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah