Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KPK: 39 Calon Kepala Daerah Belum Serahkan LHKPN

0 76

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat ada sebanyak 39 calon kepala daerah belum melaporkan atau memperbarui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Padahal, salah satu syarat untuk mencalonkan dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menyertakan laporan tersebut dari KPK.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menegaskan, pada saat ini sudah ada 1.111 calon kepala daerah yang sudah melaporkan hartanya ke KPK hingga Jumat 19 Januari 2018 kemarin.
“Ada 1.111 orang yang sudah melapor. Setelah ini kami akan lihat kembali LHKPN yang teknis dan administratif,” ujar Febri di Jakarta.

Dari data KPU yang dihimpun, terdapat 1.150 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah untuk ikut pilkada serentak di 171 daerah pada tahun 2018 ini. Memang belum ada aturan sanksi pidana bagi para calon kepala daerah yang tidak melaporkan harta kekayaannya ke KPK.

Kendati demikian, calon kepala daerah yang tidak melaporkan harta kekayaannya ke KPK dipastikan tidak dapat ikut serta dalam tahapan pilkada serentak ini.
“Kalau tidak melaporkan lampiran tersebut ke kami, ada beberapa konsekuensinya. Dalam peraturan pilkada harus ada pelaporan dan juga sebagai salah satu syarat yang wajib,” jelasnya.

Hingga saat ini, KPK akan memperbarui data calon yang sudah menyerahkan lampiran itu. KPK juga akan memverifikasi harta para calon kepala daerah yang telah melapor agar diumumkan di situs KPK.

“Jika ada sejumlah pihak yang sudah menyerahkan LKHPN namun belum diinput akan di-update lagi. Setelah pelaporan kekayaan calon kepala daerah sudah diverifikasi, akan diumumkan hasilnya pada website resmi KPK,” tutup Febri. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...