Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Tim Vipers Tangsel Ungkap Penipuan dan Penggelapan 42 Mobil Rental

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Tim Vipers Polres Tangsel dan Polsek Pondok Aren, berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan 42 lebih mobil rental dengan modus digadaikan.

Kapolsek Pondok Aren Kompol Yudho Huntoro menjelaskan, bahwa pelaku bernama Agung Ari Wibowo alias Agung, warga Jalan SD Inpres, RT03/05, Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren yang melakukan kasus tersebut.

“Kita berhasil amankan tiga orang, pelaku utama bernama Agung, dan dua lainnya penadah, yakni H Ilham dan Suherdi,” katanya¬†di Mapolsek Pondok Aren, Tangerang, Rabu (7/2/2018).

Dari 42 mobil yang digelapkan, Tim Vipers mengungkap sebanyak 20 unit sudah diamankan dari berbagai tempat, seperti di Pondok Aren, Pamulang dan Ciputat.

“Pengungkapan berawal dari laporan kehilangan mobil warga yang bernama Merlin Supatmi, warga Kampung Lio, Kelurahan Pondok Kacang Timur, pada Senin 26 November 2017,” jelasnya.

Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto menambahkan, dalam menjalankan aksinya, pelaku ini memakai modus menyewa mobil di rental senilai Rp4 juta per bulan.

“Ternyata, mobil tersebut direntalkan kembali oleh pelaku. Jika tidak punya uang, mobil curian itu digadaikan. Lalu, pelaku menyewa mobil di rental lain lagi, dengan bermodalkan KTP dan nomor telepon, serta DP,” jelasnya.

Pelaku sudah beraksi menjalankan aksi penipuan dan penggelapan mobil tersebut sejak Maret 2017 lalu. Menurut pengakuan pelaku tersebut, mobil yang sudah dia gadaikan selama itu ada 42 unit mobil.

“Pelaku sudah mulai beraksi sejak Maret tahun 2017 silam. Total mobil yang pelaku sewa dan gadaikan ada 42 unit dan baru 20 unit yang sudah berhasil kita amankan,” pungkasnya.

Sementara, pelaku mengaku menyewa puluhan mobil itu secara bertahap dari sejumlah tempat. Awalnya, mobil tersebut disewa untuk direntalkan kembali.

“Mobil disewakan per bulan seharga Rp4-5 juta. Untuk pembayaran pertama perdua minggu dengan harga Rp2,5 juta. Mobil lalu saya bawa pergi. Lalu, saya membuat rental harian dan mingguan, dan akhirnya digadaikan,” jelasnya.

Dari 20 unit mobil yang sudah diamankan Tim Vipers dan Polsek Pondok Aren, Agus mengakui masih ada 22 mobil lainnya yang saat ini berada di tangan seorang penadah berinisial SH, di Rawa Kalong. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan