Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

UNBK 2018, Disdik Kabupaten Bekasi Bidik Kelulusan Siswa 100 Persen

KABUPATEN BEKASI,Pena Merdeka- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menargetkan kelulusan siswa didik pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018 dapat lulus 100 persen.

“Itu menjadi prioritas utama pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Menengah Atas (SMA),” Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, M.A Supratman kepada penamerdeka.com, Rabu (8/2/2018).

Untuk mewujudkan target kelulusan siswa didik sebanyak 100 persen itu secara langsung menurut Supratman sudah diintruksikan kepada seluruh kepala sekolah maupun guru mata pelajaran di Kabupaten Bekasi.

Namun demikian tentunya pihak Disdik tetap melakukan monitoring serta pengawasan. Monitoring terkait dengan peningkatan pelaksanaan dan penerapan mata pelajaran kepada siswa.

Demi merealisasi program tersebut ia menambahkan, pihaknya sudah meminta Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik untuk mulai meyalurkan fiber optik pada setiap sekolah.

“Supaya target kelulusan siswa tercapai, kami mengasah penggunaan perangkat komputer. Karena nanti akan langsung terhubung secara ‘online’ (berbasis jaringan),” ucap Supratman.

Pelaksanaan UNBK pada 2018 nanti, karena berbasis online dengan menggunakan jaringan mudah-mudahan tidak terjadi kegagalan sistem saat anak didik mengerjakan soal.

Maka itu kepada siswa kami juga menekankan agar mereka bisa menerima materi pelajaran dari guru secara sungguh-sungguh. Sebab agar tingkat kelulusan yang ditargetkan Disdik Kabupaten Bekasi dapat berjalan sesuai rencana.

Namun dalam pembelajaran tersebut guru mata pelajaran juga diminta Supratman untuk memberikan cara cepat pada proses perhitungan ataupun penghafalan.

“Anak didik tidak diperbolehkan melakukan tindakan curang. Dikarenakan setiap siswa akan menemui soal yang berbeda,” katanya menjelaskan.

Kedepan Disdik masih melakukan koordinasi antar Dinas terkait agar pelaksanaan UNBK 2018 dan capaian kelulusan siswa 100 persen bisa berjalan sesuai rencana.(ewwy/ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan