Percepat PTSL 2019, BPN Banten dan Kota Tangerang Sosialisasi IP4T

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Guna mempercepat proses Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019. Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten bersama BPN Kota Tangerang mengelar penyuluhan Inventirisasi Pengusahan pemilikan pengunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T).

Disebutkan dalam penyuluhan yang berlangsung di Aula Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang merupakan amanat TAPMPR IX/2001 khususnya pasal 5 ayat (I.c) tentang Kebijakan Pembaruan Agraria soal pendataan pertanahan melalui inventarisasi dan registrasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah secara komprehensif dan sistematis.

Enur Istohari, kasi landreform dan konsolidasi tanah Kanwil BPN Provinsi Banten mengatakan, sosialisasi IP4T bertujuan untuk persiapan kelengkapan surat-surat untuk penerbitan sertifkat agar bisa dilengkapi dari awal menuju PTSL 2019.

“Maka nanti ketika di tahun 2019 sudah tidak ada lagi yang namanya terkendala dengan kekurangan berkas, sebab ditahun 2017 lalu. Penerbitan sertifikat banyak terkendala dengan kurangnya berkas dan juga waktu,” terang Enur usai penyuluhan IP4T di Kelurahan Pondok Pucung, Kamis (8/2/2018).

Dia melanjutkan, persyaratan atau berkas wajib dipenuhi dalam pelaksanaan PTSL, maka melalui penyuluhan IP4T, kedepannya diharapkan tidak adanya ditemukan persoalan hukum.

“Agar nantinya dalam PTSL 2019 tidak ada persoalaan ketika penerbitan sertifikat, maka berkas itu kita harapkan sudah komplit saat naik jadi sertifikat,” tegasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, untuk tahun 2018, PTSL Provinsi Banten menargetkan 400.000 bidang, kemudian redis berjumlah 80.000 sertifikat, sedangkan disensus IP4T ada 200.000 bidang.

“Maka, kami berharap semua target itu bisa terselesaikan tepat waktu, sebelum akhir Desember 2018, karena akhir anggaran kan sampai Desember 2019,” imbuhnya.

Sementara Tonni Setyo, petugas bidang penataan BPN Kota Tangerang mengatakan, penyuluhan IP4T di Kelurahan Pondok Pucung dalam PTSL 2019 merupakan tahapan terakhir, sebelumnya telah terlaksana di Kelurahan Gaga dan Larangan Selatan.

“Sosialisasi langsung dari Kanwil BPN Provinsi Banten, kita BPN Kota Tangerang hanya menentukan lokasinya berdasarkan potensi yang ada,” terang Tonni.

Dia melanjutkan, target PTSL di Kota Tangerang tahun 2018 sebanyak 70.000 bidang, sedangkan sosialisai IP4T ini akan digunakan untuk tahun depan, jika kita dapat PTSL lebih banyak dan berkasnya sudah lengkap.

“Tahun 2018 sebanyak 70.000 bidang, untuk tahun depan bagai mana pemerintah pusat, jika Presiden Jokowi dalam PTSL 2019 ingin lebih banyak, kita tetap terima, semua itu tergantung pemerintah pusat saja,” tandas Tonni. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah