Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Presiden Bakal Kunjungi Kota Tangerang, Resmikan PLTSa Rawa Kucing

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan peresmian proyek pembangunan TPA untuk pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) Rawa Kucing di Kota Tangerang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sebelumnya dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belakangan konsentrasi melakukan pambangunan akses jalan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang bertempat di Rawa Kucing.

Pantauan wartawan di lokasi, ada dua jalur yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR untuk pengerjaan akses ke PLTSa Rawa Kucing.

Pembangunan dikerjakan di Pintu 1 dan Pintu 2. Jalur yang sebelumnya dilapisi tanah merah, kini sudah diaspal.

Kepala Tata Usaha TPA Rawa Kucing, Masan menjelaskan dalam waktu dekat lagi proses pembangunan jalan itu akan rampung.

Fungsinya untuk mempermudahkan sejumlah armada truk untuk langsung ke penampungan sampah.

“Di sini ada tiga pintu. Baru satu pintu saja yang jalan yang menuju PLTSa nya bagus. Sementara dua pintu lagi saat ini sedang dibangun oleh Kementerian PUPR. Dan rencananya pak Presiden pada bulan April tahun ini meresmikannya,” ujar Masan saat ditemui di Lokasi PLTSa Rawa Kucing, Kota Tangerang, Jumat (9/2/2018).

Seperti diketahui untuk proyek pembangunan tersebut juga diproyeksikan bakal terealisasi pada 2018 tahun ini. Progresnya pemerintah masih melakukan penjajakan dengan para investor.

“Untuk PLTSa jadi dibangun tahun ini. Dipilih di TPA Rawa Kucing, karena lokasinya memang sangat strategis berdekatan dengan Jakarta,” ucapnya.

Terlebih tempat pembuangan sampah tersebut memiliki luas 34 hektar. Dilengkapi sarana serta prasarana yang memadai.

Seperti taman, mushola, klinik, kolam, pembuatan gas metan, dan lainnya. Dalam sehari saja sampah yang tertampung mencapai 17 ton lebih.

“Di sini sarananya komplit. Jangka panjang di TPA ini bisa 10 tahun penampungan. Masih banyak lahan yang kosong, yang terisi juga itu belum separuhnya,” ucapnya.

Sebanyak 14 unit alat berat disiagakan di lokasi untuk melakukan pembuangan. Pengelolaan sampah di TPA itu pun tak membuat aroma bau tak sedap menusuk hidung.

“Kami menanganinya dengan penanaman sejumlah pohon dan membuat taman. Sebanyak 30.000 bibit pohon dinaman. Untuk memperindah kawasan proyek PLTSa Rawa Kucing Seperti bonsai, beringin, serta buah – buahan,” kata Masan.

Untuk menanggulangi supaya lingkungan bersih dari bau tak sedap dia menyebutkan pengelolaannya menggunakan bio membran. Jadi kata dia nantinya masyarakat sekitar juga tak terganggu dengan bau sampah.  (yuyu)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

consequat. suscipit Praesent dictum mattis massa accumsan elit.