Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

AMPI Banten Gelar Lokakarya Tingkatkan Pemberdayaan Pemuda

Ratusan anggota Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menghadiri Lokakarya Pemuda yang digelar DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Provinsi banten di Aula Hotel Great Western, Kota Tangerang, Selasa (3/5).

Acara tersebut dari informasi yang diterima mendatangkan puluhan peserta DPD AMPI di Indonesia.

Ismar Triguna Ketua DPD AMPI Provinsi Banten menjelaskan, kegiatan lokakarya ini memang sudah menjadi bagian dalam program kerja salahsatu underbow Raker partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Program utama kita sebenarnya adalah pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda, kita coba menggabungkan antara program sisi negara kesejahteraan tahun 2045 yang digagas oleh ketum partai Golkar dengan program yang kita (AMPI, red) miliki,” kata ismar.

Ismar menilai, dalam program yang dicanangkan Abu Rizal Bakri pada umumnya banyak ditemukan keberpihakan masyarakat kecil.

Kepada wartawan ia mengklaim bahwa organisasi yang dipimpinnya tidak jarang sudah memberikan skill para pemuda bisa memiliki suatu kegiatan produksi usaha sehingga dapat lebih produktif.

Soal kendala yang kerap ditemui menurutnya, yakni ketika mulai bisa memproduksi suatu produk tetapi tidak sedikit masyarakat kerap kesulitan dalam pemasarannya. “Akhirnya kan mentah lagi, gak keserap dan akhirnya jadi lesu lagi,” katanya.

Untuk itu pada kesempatan tersebut pihaknya mencoba memaparkan kiat kiat peluang untuk bisa bersaing pasar dipasar modern yang diyakini bisa mewadahi kreasi warga sehingga dapat memicu semangat para pemuda untuk mempunyai daya cipta yang kreatif.

“Paling tidak untuk mengumpulkan produksi produksi yang dihasilkan warga yang disuplay ke pasar, sesuai dengan kriteria yang ditentukan,” imbuhnya.

Ismar berharap, pada pelaksanaannya pemuda didaerah supaya segera memulai mencari peluang bagaimana cara memberdayakan sumber daya daerahnya untuk bisa disinergikan yang kemudian diproduksi.

Sementara itu, Ibrohim ketua Panitia Pelaksana Lokakarya Pemuda kepada Pena Merdeka mejelaskan, di beberapa daerah di provinsi Banten yang justru memiliki potensi untuk mengembangkan dan meningkatkan sumber daya daerahnya justru dinilainya kuranng memiliki kepekaan.

“Banyak yang bisa digarap sama pemuda, misalnya di pandeglang sebenarnya KNPI membuka peluang bagaimana pemuda disana bisa mandiri, kaitannya dengan apa yang kita laksanakan hari ini, yang kita butuhkan bukan hanya skill tapi bagaimana outputnya bisa terjual,” tanda mantan ketua KNPI Kota Tangerang tersebut menjelaskan. (aceng/wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.