Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

DKM Kota Tangerang Dibekali Pengenalan Hewan Kurban Bebas Antraks

0

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1437, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Tangerang menggelar sosialisasi hewan layak untuk potong kurban kepada 104 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Terutama mengantisipasi hewan yang menderita virus antraks pada hewan kurban.

Acara yang berlangsung di gedung Cisadane, Jalan Ks Tubun Kota Tangerang pada Senin (29/8) pada kesempatan itu DKPP sengaja mengundang DKM Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tangerang Ibnu Ariefyanto mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin pengawasa hewan kurban.

Sejauh ini terkait dengan virus antraks pada hewan kurban yang kerap diderita pada jenis hewan domba atau kambing menurut Ibnu Ariefyanto pihaknya belum mendapat laporan.

Oleh karenanya pihak DKPP untuk mengantisipasi persoalan antraks atau hewan kurban yang bermasalah mewaspadai kambing yang berasal dari Bogor dan juga Purwakarta, Jawa Barat dengan mengecek dokumen kesehatan hewan tersebut .
Diharapkan, pedagang dapat mempersiapkan lapak hewan kurban yang nyaman dengan member asupan makan dan juga minum yang bagus.

“Hindari dari zat berbahaya dan juga benda yang bisa membuat luka hewan.
Jika soal ini tidak diindahkan pedagang maka hewan tersebut dampak hewan menjadi sakit dan kurus,” ujarnya.

Lebih jauh kata Ariefyanto soal sosialisasi kepada tataran DKM ia mengaku bahwa karena mereka selama ini selaku panitia pemotongan hewan kurban. Harapannya kedepan supaya dapat mendistribusikan daging kurban yang halal dan juga sehat untuk dikonsumsi.

Jika pengawasan ini dilakukan pada hari H kata Ibnu Ariefyanto tidak akan epektif sebab semua orang yang terlibat dalam kepanitiaan bakal konsentrasi pada aktifitas pemotongan.

“Jadi panitia hewan kurban dapat mempersiapkan kelengkapan-kelengkapan yang harus di penuhi dalam pelaksanaan pemotongan dan pendistribusian. Hal ini dilakukan supaya pelaksanaan kurban sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (yuyu)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Nullam ultricies fringilla libero. amet, adipiscing libero at porta. elementum