Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Mensos Beri Bantuan Kepada Ribuan Keluarga Tidak Mampu di Tangsel

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Idrus Marham, menyerahkan secara simbolis bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 8.582 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Penyerahan berlangsung di gedung Graha Widya Bakti, Puspiptek, Serpong. Pada kesempatan itu, pihaknya membeberkan jika total bantuan dalam program itu yang diserahkan ke masyarakat Tangsel mencapai Rp36,4 miliar.

“Sebagai Menteri baru, saya ingin mengecek 2 hal tersebut, yang pertama bantuan untuk PKH-nya sudah jalan, yang kedua bantuan untuk Bansos seperti Rastra (Beras Sejahtera) dan BPNT-nya juga sudah berjalan,” terang Mensos Idrus Marham, Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, ada perbedaan mengenai besaran beras yang diberikan tahun ini, dimana tiap KPM mendapat jatah 10 kilo Rastra tetapi tanpa ada pembayaran apapun. Berbeda dengan periode sebelumnya, yang mendapat angka 15 kilo perkeluarga namun disertai dengan pembayaran.

“Sekarang ini aturan yang ada itu 10 kilo (beras), dulu 15 kilo, namun dulu ada bayaran. Kalau sekarang masih ada yang minta bayaran, laporkan saja kepada wali kota,” tegasnya.

Pihaknya kini sedang mengejar target pada bulan Februari 2018 ini tahap penyerahan PKH dan BPNT sudah rampung sepenuhnya untuk tahap pertama. Kendati demikian, tidak semua daerah mempunyai kemudahan akses pendataan ataupun penyerahan bantuan tersebut.

“Rata-rata 60-an (persen). Ada beberapa daerah yang mengalami kendala, misalnya komunikasi atau sinyal yang tidak terkoneksi, transportasi, ini semua didaerah Indonesia Timur,” tutup Mensos. (deden/yoyo)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan