Pemkab Bekasi Beri Kebebasan di Pilkades Serentak

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupten Bekasi siap melaksanakan pesta rakyat bagi pedesaan. Sebanyak 154 Desa di Kabupaten Bekasi akan menggelar Pilkades serentak.

Selain itu, akan juga menggelar pemilihan anggota BPD sebagai lembaga pengawas kinerja kepala desa.

Dalam proses yang berdasarkan undang-undang, terdapat 2 tata cara pemilihan melalui musyawarah ataupun melalui pemilihan langsung.

Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan kebebasan bagi setiap desa untuk melaksanakan Pilkades serentak. Namun hal tersebut diatur dalam peraturan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty menyatakan berdasarkan undang-undang proses pemilihan bisa melalui 2 cara, langsung dan musyawarah.

“Kita akan menyerahkan kebijakan itu ke desa masing-masing. Tetapi, kebijakan tata cara tersebut harus diperkuat dengan membuat peraturan desa,” tungkasnya.

Aat menambahkan, dalam proses tata cara pemilihan BPD tersebut pihak desa dan BPD bebas memilih tata caranya tergantung dari hasil kesepakatan bersama.

Pihaknya meminta agar tiap desa membuat peraturan paling lambat sebelum perhelatan Pilkades serentak di bulan Agustus mendatang. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah