Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Dinsos Kota Tangerang: Mengidap Gejala ODGJ, OTK Neglasari Dibawa ke RS Jiwa

0 47

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinsos Kota Tangerang menyayangkan sejumlah pihak soal kasus orang tak dikenal (OTK) yang dicurigai sejumlah warga akan melakukan penyerangan kepada Pimpinan Ponpes Al-Hasimiah, Neglasari, Kota Tangerang, tidak prosuderal sebelum dinyatakan mengidap gejala ODGJ (orang dengan gangguan jiwa).

Sebelumnya, OTK yang kini berada di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang sempat diamankan jajaran Polsek Neglasari pada Rabu malam (21/2/2018) malam pekan lalu sebelum dikirim ke pihak Dinsos Kota Tangerang. Pasalnya penderita sempat mengkhawatirkan warga dan Pimpinan Ponpes Al-Hasimiah di Neglasari, Kota Tangerang karena sempat mondar mandir di depan pintu gerbang Ponpes.

Kadinsos Kota Tangerang, Masyati mengatakan, secara prosedur untuk menentukan mengidap gejala ODGJ tersebut harus dibawa ke rumah sakit terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kejiwaan.

“Setelah ada hasil positif bahwa ia mengidap ODGJ, baru dibawa ke Dinsos kebagian Rehabsos untuk selanjutnya di obati di RS Jiwa Grogol, namun karena melihat sisi kemanusiaan maka pihak Dinsos menerima orang tersebut, meski belum ada pemeriksaan dari pihak rumah sakit,” terang Masyati, Rabu (28/2/2018).

Dia melanjutkan, pihaknya sering melakukan sosialisasi di Kelurahan atau Kecamatan, apabila menemukan orang yang terindikasi sebagai penderita ODGJ supaya memeriksakan ke RSUD Kota Tangerang dahulu.

“Kami sudah sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat, jika menemukan ada terindikasi mengidap gejala ODGJ, jangan langsung dibawa ke Dinsos. Kami sayangkan, lantaran nyatanya masih saja dibawa kesini (Dinsos,red) sebelum dilakukan pemeriksaan kejiwaan,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, kedepan, pihaknya akan melakukan penyuluhan lebih intensif, agara masyarakat tahu prosesur dan alur yang benar tentang penanganan ODGJ.

“Supaya masyarakat semakin pahan, tapi OTK yang sudah terlanjur berada disini kita akan kirim ke RS Jiwa Grogol untuk mendapatkan pengobatan, setelah dinyataklan sembuh, tidak mengidap gejala ODGJ lagi maka nanti akan dikembalikan ke Dinsos Kota Tangerang, dan dipulangkan ke daerah asalnya,” tandasnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...