Tahun Ini, Pemkot Tangerang Targetkan 1.000 Unit Rumah Layak Huni Terbangun

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan terus mencanangkan pembangunan rumah layak huni. Pemkot menargetkan sebanyak 1.000 unit terbangun pada tahun 2018 ini.

“Tahun ini kita menargetkan 1.000 unit, sehingga akhir 2018 pembangunannya mencapai 5.953 unit,” pungkas Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang Dafyar Eliadi, di Tangerang, Jumat (2/3/2018).

Menurutnya, program pembangunan rumah layak huni gencar dilaksanakan Pemkot Tangerang sejak 2014 tersebar di 13 Kecamatan. Pembangunan ini pada 2014 sebanyak 63 unit, 2015 sebanyak 1.107 unit, 2016 dibangun 1.451 unit, dan 2017 mencapai 2.314 unit. Jadi total pembangunan antara 2014 hingga 2017 sebanyak 4.953 unit.

Sasaran 1.000 unit tempat tinggal pada tahun ini sudah didata oleh petugas lapangan dan masuk dalam kategori tidak layak. Warga diajak peduli terhadap lingkungannya dan membantu proses pembangunan tempat tinggal ini secara gotong royong. Anggaran yang telah dialokasikan Pemkot, diberikan kepada BKM agar diolah dalam pembangunan.

“Kita akan libatkan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), ini sangat efektif karena warga terlibat langsung dalam pembangunan serta perencanaan untuk menata lingkungannya masing – masing,” jelas Dafyar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri menambahkan, masyarakat mempunyai peran penting dalam keberhasilan pembangunan kota. Program yang sudah disusun, tidak akan berjalan jika tidak memiliki dukungan dari warga.

Karena itu, seluruh besar program pemerintah yang sudah dibuat selalu melibatkan peran serta masyarakat dari tingkat RT dan RW. Tujuannya ialah, fasilitas yang sudah dibangun bisa dijaga bersama-sama.

“Dukungan kelompok keswadayaan dapat mempercepat proses pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga pembangunan rumah layak huni itu jadinya tepat waktu, tepat sasaran dan juga tepat manfaat,” tambah Dadi. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan