Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Datang ke TPA Rawa Kucing Kota Tangerang Menikmati Indahnya Bukit yang Rindang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang rupanya kini telah menjadi kawasan berbukit yang rindang dengan pepohonan.

Pemerintah Kota Tangerang sengaja menyulap TPA yang berada di atas lahan seluas 34 hektar menjadi Ruang Tebuka Hijau. Sebab untuk menghindari kesan lokasi yang bau dan kotor.

TPA Rawa Kucing dibagun sejak 1992 lalu tidak hanya mempunyai fasilitas taman dengan ribuan pohon, tetapi di dalam kawasan itu juga terdapat lapangan mini soccer dan kolam ikan.

Keunikan di lokasi ini bukan hanya itu saja, pasalnya sekarang bukit sampah setinggi 50 meter telah dibuatkan taman yang ditanami sejumlah jenis pepohonan.

“Bukit itu dinamakan ‘Bukit Ambegkan’. Sebelum mencapai bukit, pengunjung yang lelah bisa beristirahat di saung yang sengaja juga disiapkan pengelola,” kata Masan, Kepala Tata Usaha TPA Rawa Kucing, beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, awal mula ide penghijauan dikawasan itu dimulai sejak tahun 2007. Kini kawasan yang dulunya kumuh, kotor dan bau sekarang tampak hijau dan tertata rapih.

“Kita rancang ini sejak tahun 2007. Ada sekitar 4 hektar lahan yang ditanami pohon,” ucapnya.

Maka itu menjadi wajar lantaran sudah nyaman kini TPA Rawa Kucing banyak dikunjungu warga. Dan bahkan bukan hanya warga Kota Tangerang saja yang datang. Tetapi dari Kabupaten Tangerang juga tercatat banyak yang datang untuk menikmati rindangnya lokasi ini.

“Kalau hari libur pengunjung bisa ribuan yang datang kesini,” kata pria asli Tangerang ini menjelaskan.

Masan lebih jauh mengungkapkan, jika sesuatu dikerjakan dengan niat baik, maka hasilnya pun akan baik. Demikian juga dengan TPA ini, karena berangkat dari niat baik pula.

Menurutnya, pihaknya rencananya akan menambah sarana lainnya, seperti fasilitas bermain, olahraga, track bersepeda dan flying fox.

“Nanti juga bakal ada sound system untuk karaoke. Dan pengunjung boleh mengunakan fasilitas itu. Pokoknya pengunjung bebas menggunakan fasilitas yang ada di TPA Rawa Kucing,” tandas Masan. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan