Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Komputer Mendadak Mati, UNBK di Kabupaten Tangerang Berantakan

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Tangerang, terlihat berantakan. Pasalnya, saat ujian berlangsung, komputer mendadak rusak.

Hal ini terjadi di SMK Miftahul Jannah, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten. Muhammad, salah seorang peserta mengakui, bahwa kerusakan tersebut terjadi sebanyak empat kali, saat ujian mata pelajaran pertama.

“Tadi saat tengah mengisi soal tiba-tiba saja kopmuter saya dan beberapa teman mati,” ujar Muhammad seperti yang dikutip dari SINDOnews di ruang lab 2, SMK Miftahul Jannah, Cikupa, Senin (2/4/2018) saat UNBK.

Muhammad menuturkan, setelah itu komputer sempat menyala kembali, dan saat para siswa mulai mengisi jawaban, komputer tiba-tiba mendadak mati kembali. “Mati pertama itu pas kita isi data, kemudian nyala lagi, lalu saat mulai isi jawaban mati, dan seperti itu terus sebanyak empat kali sampai pukul 09.00 WIB,” ungkap Muhammad khawatir.

Meski demikian, Muhammad bersyukur, karena jawaban yang sudah ia dikerjakannya tidak hilang ketika komputer tersebut mati. Sehingga, dapat dilanjutkan kembali.

“Tadi si sempat panik, karena takut jawaban yang sudah saya isi akan hilang. Kalau begitu kita kan kehabisan waktu lebih banyak lagi, seperti menunggu perbaikan kemabali,” imbuhnya.

Ketua Yayasan Miftahul Jannah Teddy mengungkapkan, sudah mempersiapkan sejumlah antisipasi akan kendala yang biasa terjadi pada pelaksanaan UNBK perdana tersebut.

“Tadi sempat mati, namun sudah teratasi. Kendala terjadi sejak pertama dimulainya ujian, sampai pukul 09.00 WIB, di ruang lab 2 komputer dengan peserta sebanyak 40 siswa. 12 komputer yang mengalami kerusakan,” imbuhnya.

Setelah dilakukan perbaikan pada komputer, ujian kembali lancar sekitar pukul 09.15 WIB. Para siswa yang seharusnya menyelesaikan ujian pukul 10.00 WIB menjadi pukul 10.15. WIB.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Ardius mengatakan, ada sebanyak 79.199 siswa SMK dari 648 SMK di Banten yang mengikuti perhelatan ini, mulai dari Senin 2 April hingga 5 April 2018.

“Ada kenaikan jumlah SMK yang mengikuti UNBK di Banten sampai 100%. Dari Jumlah itu, di Kabupaten Tangerang ada sebanyak 169 sekolah dengan jumlah murid sebanyak 21.291 serta 127 peserta SMK di Kota Tangerang,” pungkasnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan