Perhitungkan Lebih Irit, Menteri Susi Usulkan Pesawat Patroli ke DPR

0 44

Kajian Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, bahwa pihaknya masih membutuhkan pesawat patroli, hal itu disampaikannya saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, di komplek Senayan, pada Selasa (14/6).

Rapat yang berlangsung sejak pukul 14.30 ini membahas rencana kerja KKP 2017, serta perubahan anggaran dalam APBN-P 2016. Anggaran pembelian pesawat patroli yang diajukan secara multiyears Rp 900 miliar.

Dari seluruh pembahasan, usulan pembelian 6 pesawat patroli ini jadi usulan rencana kerja yang paling diperdebatkan oleh Komisi IV.

Diungkapkan Susi, dengan pembelian pesawat, ongkos operasional patroli laut bisa lebih murah ketimbang dengan menggunakan kapal laut. Bahkan menurutnya, negara bisa menghemat lebih dari Rp 500 miliar lebih per tahun.

Susi mengungkapkan, hitungan tersebut terutama dihitung dari perbandingan konsumsi BBM antara pesawat udara dan kapal laut.

“Total kita hitung setahun dengan jam kerja 5 hari untuk 6 pesawat biaya hanya Rp 35 miliar, sementara kalau dengan patroli kapal laut dengan jam operasi 3 hari kerja selama 50 jam bisa mencapai Rp 600 miliar,” kata Menteri.

Kajian Lewat penghematan setidaknya Rp 500 miliar tersebut, pihaknya bisa mengalihkannya ke pembelian speedboat untuk pengawasan di pulau-pulau kecil.

“Penghematan Rp 500 miliar jadi kita bisa tambah buat beli speedboat,” jelas Susi. (sarinan/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...