Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kawasan Wisata Halal Baduy Banten Tuan Rumah Nitis Waris Internasional

0

BANTEN,PenaMerdeka – Sebuah perhelatan budaya berkelas internasional akan digelar di kawasan Wisata Halal Baduy, Outbound. Provinsi Banten yang telah lama tercatat dikenal sebagai bumi jawara dan ulama pada tanggal 4 hingga 5 May 2018 dipercaya menjadi tuan dua pagelaran Mudzakarah Pendekar Internasional dan Nitis Waris.

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu rangkaian acara pembuka dari event Golok Day 2018 yang diadakan di Kota Cilegon pada keesokan harinya,” kata Direktur Utama PT Bisnis Banten, Agus Hermawan, Pengelola Kawasan Wisata Baduy Outbound, Banten, Senin, (30/4/2018).

Dalam kesempatan itu menurut Agus, peserta seniman silat dari sejumlah negara akan menyambangi kawasan Wisata Halal Baduy diantaranya dari Swiss (1 pendekar), Belanda (1 pendekar), Prancis (4 pendekar), Amerika Serikat (2 pendekar).

“Sedangkan Indonesia akan diwakili oleh para jawara dari Padepokan Gunung Karang Banten, Padepokan Maung Bodas Sukabumi dan Padepokan Kasundan/Panglipur Garut Jawa Barat,” kata Agus.

Ini merupakan momen sangat luar biasa yang diselenggarakan di Kawasan Wisata Halal baduy karena potensinya bakal mengangkat nilai seni beladiri pencak silat yang semakin mendunia.

Sementara kegiatan Nitis Waris (ngatitiskeun ilmu, ngawariskeun benda) merupakan sebuah gelaran budaya sebagai wujud pertukaran atau saling mewarisi ilmu dan benda yang menjadi ciri khas dari masing-masing padepokan pencak silat.

Seremonial Nitis Waris di Kawasan Wisata Halal Baduy sendiri baru akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 pukul 08.00 WIB menampilkan atraksi seni pencak silat tunggal, rampak, permainan bola api, permainan Lisung Ngamuk dan debus.

Sementara Ketua IPSI Banten, Ajat Sudrajat, mengatakan, kegiatan ini semakin menyemarakkan dunia persilatan. Sekaligus membuktikan bahwa seni beladiri pencak silat di Banten makin maju dan berkembang.

“Bahkan di tahun 2018, IPSI Banten akan menjadi tuan rumah dari kegiatan Pencak Silat tingkat nasional,” ucapnya.

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Padepokan Gunung Karang, Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Gaido Travel&Tours, Banten Resto, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pengda Banten, Komunitas Cinta Banten (KCB), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, dan Dwipa Production selaku pelaksana event Golok Day 2018. (abdul)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

luctus ut dolor. neque. ante. amet, elit. velit,