Angkasa Pura II Jamin Terminal 3 Bandara Soetta Bisa Digunakan

Setelah sempat dikabarkan bahwa Terminal 3 (T3) Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Soetta) belum bisa digunakan, tetapi Putra Pariadi, Vice President Electronical & Mechanical Engineering PT Angkasa Pura II, menjamin bahwa sistem backup kelistrikan yang disebutkan menjadi kendala utama sudah mengalami progres positif dan siap digunakan.

Persoalan tersebut memang sebelumnya diklaim Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI yang mengharuskan adanya perbaikan sistem backup kelistrikan.

Putra Pariadi mengungkapkan pada Minggu (19/6) kemarin, AP II melakukan simulasi dengan Kemenhub, kemudian pihaknya langsung melakukan perbaikan dan pengujian sebanyak lima kali hingga hari ini (kemarin, red).

“Kemarin bukan permasalahan sistem kelistrikan yang tidak siap, lebih kepada beberapa fasilitas relay proteksi yang harus diseting ulang. Kemarin juga terjadi gagal suplai dari genset karena beberapa sistem kami jatuh. Tapi sudah diperbaiki dan kami yakin sudah lebih baik,” jelasnya.

Menurut Putra, kebutuhan listrik di Terminal 3 Ultimate sebesar 28 megawatt. Namun untuk kebutuhan operasional tahap awal dibutuhkan 12 megawatt. Terminal 3 memiliki genset berjumlah empat unit dimana masing-masing unit berkapasitas tiga megawatt.

“Rencananya kami akan mengundang Kemehub dan besok akan minta mereka mendampingi melakukan eksistensi sistem yang diperbaiki,” jelasnya. (herman/yuyu)

Disarankan
Click To Comments