Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Temukan Mesin Komoditas, Menteri Pertanian Harapkan Pemuda Berprofesi Petani Handal

0 130

Tangerang – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian mengapresiasi atas temuan mesin panen multi-komoditas hasil anak Indonesia, yakni mesin olah tanah amfibi, dan mesin penanam jagung.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan jika nanti alat itu diproduksi dalam jumlah banyak, harapannya pemuda Indonesia bisa menggeluti atau usaha komoditi pertanian, ucapnya di Balai Besar Pengembangan Mekanisme Pertanian di Serpong, Tangerang, Kamis (23/6).

Karenanya kami akan mengusulkan pangkat istimewa kepada tim penemu alat yang terdiri dari 10 orang, ujar Amran. Pasalnya alat itu dipastikan akan memudahkan kerja petani menjadi lebih mudah.

Menurut Amran selain kenaikan pangkat, pemerintah juga akan memberikan apresiasi tambahan.

“Ada bonus dari pemerintah Rp 100 juta untuk mereka. Juga, mereka akan mendapat royalti (dari penjualan alat tersebut),” ungkap Amran.

Bahkan, menurut Menteri pada masa mendatang, diyakini ada peluang untuk mengekspor mesin-mesin seperti ini.

“Sangat mungkin diekspor. Indonesia saja bisa buat pesawat terbang apalagi mesin pertanian seperti ini,” kata Andi Amran Sulaiman.

“Ini nanti akan mendorong generasi muda turun ke ladang dan juga alat ini buatan bangsa kita sendiri,” ujar Amran. (yoyo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

HPN
Loading...