Dirasa Penting, Komisioner Rapat Pleno Cari Ketua Plt KPU

Pihak penyelenggara perhelatan Pilkada dan Pileg yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini menggelar rapat pleno mencari posisi pelaksana tugas (Plt) ketua pasca meninggalnya almarhum Husni Kamil Manik.

Dikatakan oleh Hadar Nafis Gumay, Komisioner KPU RI bahwa penentuan Plt akan dilakukan secara musyawarah dengan mengedepankan aspek kekeluargaan. “Tidak harus voting, kami rembukan musyawarahkan,” ujar Hadar saat ditemui di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa (12/7).

Jika diikuti lima atau empat komisioner Hadar mengatakan, sesuai aturan di KPU maka pleno mengenai penunjukan Plt sudah dapat dilakukan. “Tapi kalau tidak ada kesepakatan maka dilakukan konsenaus,” tuturnya.

Hadar lebih jauh mengungkapkan, dengan kondisi enam komisioner maka tidak ada kekhawatiran terganggunya jalannya roda organisasi. Meskipun memang kehadiran ketua definitif tetap diperlukan.

“Harus ada ketua definitif khususnya dalam pembuatan PKPU perubahan. Kami membutuhkan ketua definitif lantaran sebagai ketua definitif semua kebutuhan ditandatangani olehnya,” kata Hadar.

“Kami perkirakan kebutuhan itu (ketua definitif) dalam waktu dekat, seminggu ini. Khususnya dalam menanganai kuasa anggaran,” ucapnya menegaskan.

Hadar memperkirakan kebutuhan akan adanya Plt hanya berlangsung satu minggu, sebab sesuai hasil rapat pleno yang berlangsung kemarin maka KPU sudah harus memilih ketua definitif, tandasnya menjelaskan. (aceng/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...