Stok Pangan Lebaran di Banten Kata Pemrov Aman

BANTEN,PenaMerdeka – Secara umum stok pangan Lebaran Idul Fitri mendatang di Banten disebutkan tercukupi. Bisa dilihat dari ketersediaan kebutuhan pokok di Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon yang dinyatakan aman untuk konsumsi masyarakat selama enam bulan kedepan.

“Jelang Lebaran, ketersediaan kebutuhan bahan pokok aman,” kata Feriyanto, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten, saat pemantauan Ketersediaan Pangan di Kab. Serang,Kota Serang dan Kota Cilegon, oleh Tim Satuan Tugas Pangan Provinsi Banten, Rabu (30/5/2018).

Dalam kesempatan kepada wartawan Feriyanto menjelaskan, pihaknya sudah mamaau memastikan stabilisasi harga dan kecukupan stok pangan lebaran.

Ini sudah berdasarkan pemantauan yang dilaksanakan sejak 22 Mei 2018 yang mencakup pasar wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Sementara tanggal 30 Mei 2018 sudah dipantau di wilayah Kota Serang dan Cilegon.

“Dari hasil pemantauan Alhamdulillah ketersediaan pangan lebaran untuk lebaran di Banten secara umum cukup dan tidak terjadi lonjakan harga meskipun ada kenaikan tapi tidak signifikan,” tambahnya.

Hanya saja Feriyanto mengaku bisa saja terjadi kelambatan dalam distribusinya ke konsumen. Sebab ada sejumlah faktor diantaranya soal cuaca.

“Faktor cuaca bisa menjadi penghambat distribusi barang pokok masyarakat. Sebab, transportasi dari gudang ke konsumen akan lambat. Ataupun, keadaan transportasi yang mengalami kemacetan menjelang lebaran,” ucapnya.

Meski demikian, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten tetap waspada menghadapi kemungkinan terjadinya kelangkaan pangan di masyarakat. Karena itu, Tim Satgas Pangan Provinsi Banten akan terus melakukan pemantauan terhadap stok dan harga pangan tersebut.

Sementara menurut Kepala Seksi Ketersediaan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Eli Juartini menyebutkan, apabila terjadi kelangkaan stok pangan lebaran dia mengaku akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kita akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Bulog, kepolisian dan pemerintah kabupaten/kota di Banten,” ucap Eli.

“Tim Satgas segera bergerak, mencari tahu persoalan dan memberikan solusinya,” pungkasnya. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah